Radar Batang

Duh, Puskesmas Kekurangan 10 Dokter Umum

dr Hidayah Basbeth

dr Hidayah Basbeth

BATANG – Hingga Agustus ini, posisi dokter umum di sejumlah Puskesmas mengalami kekosongan. Dari total 21 Puskesmas, ada sekitar 10 posisi dokter umum yang kosong.

Dinkes Batang sendiri sudah berusaha mengajukan kebutuhan ini dalam formasi CPNS 2018 nanti. “Sudah kami ajukan untuk formasi CPNS yang rencananya dibuka tahun ini. Sudah kami ajukan kebutuhan kami ke BKD. Kalau kebutuhannya ada sekitar 10 dokter umum dan beberapa posisi lainnya. Hanya saja, untuk final nanti formasinya berapa kami masih menunggu informasi selanjutnya,” terang Kepala Dinkes Batang, dr Hidayah Basbeth,Kamis (9/8).

Kendati posisi kosong, Basbeth menyebut pekerjaan dokter masih dapat dihandle oleh kepala Puskesmas. Akibatnya, Kepala Puskesmas terpaksa harus double job untuk melakukan tugas sebagai kepala dan dokter umum. Terkait dengan pengangkatan secara honorer, pihaknya memang tidak melakukan rekrutmen dokter umum melalui jalur tersebut.

“Kalau yang honorer di Dinkes itu kebanyakan petugas si Slamet 119 saja. Untuk dokter ini kami memang harus menunggu rekrutmen CPNS. Meski begitu alhamdulillah saat ini masih bisa teratasi dengan tugas rangkap dari kepala puskesmas,” imbuh Basbeth.

Hal tersebut juga diamini Kepala Puskesmas Kandeman, dr Dewi Caturriny. Sudah tiga tahun ini ia merangkap jabatan sebagai dokter umum sekaligus kepala Puskesmas Kandeman. Kendati cukup padat, namun ia masih mampu merangkap jabatan dan pelayanan di Puskesmasnya berjalan lancar.

“Alhamdulillah masih berjalan dengan lancar meski rangkap jabatan. Sudah tiga tahun ini saya merangkap. Ya memang kalau ada kejadian luar biasa seperti pas ada kecelakaan ya cukup sibuk dan padat. Namun semua pasien masih bisa dilayani,” tandas Dewi. (nov)

Facebook Comments