Radar Pendidikan

Gelar Seminar, Sekolah Ini Datangkan Pembicara dari Mesir

IMBS Miftahul Ulum Pekajangan

GELAR SEMINAR – IMBS Miftahul Ulum Pekajangan menggelar Seminar Manajemen Ziswaf bersama Dr Musthafa Dasuki Kasbah dari Mesir, Rabu (8/8).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Pada Rabu malam (8/8), International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan kedatangan tamu dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir, yakni Dr Musthafa Dasuki Kasbah. Kehadiran Guru Besar Ilmu Wakaf tersebut dalam rangka menjadi pembicara dalam kegiatan yang bertajuk The Power of Giving, Seminar Manajemen Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf (Ziswaf).

Pimpinan IMBS Miftahul Ulum, Muh Thabiin, menuturkan kegiatan tersebut digelar untuk memantapkan pemahaman masyarakat tentang Ziswaf. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula IMBS tersebut diikuti oleh segenap civitas Muhammadiyah Cabang Pekajangan, mulai dari seluruh pengurus, kepala sekolah Muhammadiyah, ketua ranting Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah, Lembaga Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (LazisMu) se Kabupaten Pekalongan, dan sebagainya.

“Kami adakan seminar untuk memantapkan masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah, bahwa kewajiban orang yang beriman setelah sholat adalah menunaikan zakat, iman dibarengi dengan amal sholeh. Pemahaman bahwa zakat itu wajib, shodaqoh, infaq,dan wakaf itu sunah,” ujarnya kepada Radar, Rabu (8/8).

Thabiin, sapaan akrabnya, berharap bahwa kegiatan tersebut mampu menggugah warga Muhammadiyah untuk mau dan mampu beramal sholeh. Seperti yang dikatakan oleh Dr Musthafa Kasbah dalam materinya, wakaf tidak hanya berbentuk barang dan uang, tetapi juga manfaat profesi.

“Seperti yang dincontohkan oleh Dr Musthafa Dasuki Kasbah, wakaf juga bisa dengan profesi.
Misalnya Seorang guru mengajarkan dengan ikhlas maka dia sedang mewakafkan ilmunya untuk umat islam. Tanda Muttaqin adalah seseorang yg selalu mendirikan sholat, taat kepada allah, Menunaikan Zakat dan menginfakkan hartanya di jalan Allah,” lanjut Thabiin.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pekajangan M Irzal Fadholi menyebutkan, bahwa kesempatan seminar dengan pembicara Guru Besar dari Mesir ini merupakan hal yang luar biasa. Kehadiran tamu-tamu dari luar negeri, khususnya Timur Tengah dapat memotivasi guru dan santri untuk mahir berbahasa Arab.

“Ini luar biasa, karena tidak mudah mendatangkan beliau. Alhamdulillah Dr musthafa Dasuki Kasbah bisa menyempatkan hadir di IMBS, padahal jadwal beliau sangat padat di Indonesia. Semoga ini bisa menginspirasi guru-guru dan santri-santri IMBS untuk bisa berbahasa Arab,” tandasnya. (run)

Facebook Comments