Radar Batang

Catat, Pimpinan BUMD Bisa Dieliminasi

Catat, Pimpinan BUMD Bisa Dieliminasi

BIMTEK – Wakil Bupati Batang Suyono memberikan kata sambutan pada gelaran Bimbingan Tekhnis BUMD Kabupaten Batang di Hotel Sendang Sari, Rabu (8/8).
M DHIA THUFAIL

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang siap memberikan Punishment bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang tidak mampu merealisasikan target untuk menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Batang, Suyono, saat membuka bintek BUMD, Rabu (8/8), di Sendang Sari Hotel. Ia mengatakan, Pemkab sebagai pemiliK BUMD memilki kewenangan penuh dalam menilai kinerja BUMD.

Karena itu, jika BUMD tidak sanggup memenuhi target yang telah ditetapkan, maka Pemkab siap mengeliminasi pimpinan BUMD setempat.

“Kita punya catatan dan penilaian per tiga bulan, enam bulan dan akhir tahun untuk mengetahui progres kinerja dari setiap BUMD,” jelasnya.

Wabup berpesan agar BUMD jangan hanya baik secara pelaporan administrasi saja, akan tetapi juga harus baik dalam hal pendapatan. “Sehingga dapat memaksimalkan kontribusi pendapatan untuk membangun Kabupaten Batang kedepan,” katanya.

Selain itu juga dikatakan Wabup, bahwa BUMD merupakan badan usaha yang bersifat profit orientid, sehingga ada keharusan untuk dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Batang. “BUMD saat ini sedang menjadi bahan sorotan, baik di media sosial maupun media cetak. Sehingga apabila ada kritikan maupun saran yang masuk, bisa langsung dikoreksi dan diperbaiki lagi untuk lebih baik ke depannya dan mampu bersaing dengan badan usaha lainya,” pinta Suyono.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Batang, Subiyanto mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan bintek untuk memberikan motivasi kerja bagi BUMD di wilayah Kabupaten Batang agar bisa lebih baik lagi.

“Kerja dan kerja, target yang sudah kita rencankan di awal tahun untuk dapat ditepati. Karena kita BUMD mempunyai target dan semoga bisa tercapai lebih,” ucapnya.

Diakui Subiyanto, kinerja setiap BUMD di Kabupaten Batang bisa secara efektif dipantau oleh Pemkab Batang maupun masyarakat. Maka pesannya kepada para pelaku BUMD, mereka harus memiliki etos kerja yang baik.

“Rewad dan Punishment tetap akan diberlakukan. Bukan kita mau menakut nakuti, tapi kalau memang tidak memenuhi taget yang ditetapkan maka pimpinan BUMD akan tereliminasi. Sedang yang berprestasi akan mendapatkan rewad,” tandasnya.(fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo

Facebook Comments