Radar Kajen

Unik, Gang di Dukuh Ini Digambar 3D

Unik, Gang di Dukuh Ini Digambar 3D

LUKIS – Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan, sejumlah pemuda Capgawen Selatan, Kedungwuni, melukis tembok gang dengan gambar 3D.
MUHAMMAD HADIYAN

MENJELANG peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, sejumlah warga di Kabupaten Pekalongan mulai menyambut dengan mengecat gapura kampung. Salah satunya para pemuda di Dukuh Capgawen Selatan, Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni, Rabu malam kemarin. Uniknya, mereka melukis tembok gapura dengan gambar 3 dimensi (3D).

Soden (35), salah seorang pemuda setempat, mengatakan, kegiatan menghias kampung, termasuk mengecat gapura sudah menjadi tradisi setiap tahun. Kegiatan ini selalu digelar menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia.

“Setiap tahun kita ganti warna gapura dengan gambar-gambar yang unik. Tahun ini, kita menggambar lukisan 3D di tembok gapura,” ungkap Sodin, kemarin.

Tujuannya, selain untuk mengisi peringatan kemerdekaan RI, wajah baru gapura ini bertujuan untuk menarik perhatian warga yang masuk ke Capgawen Selatan. Selain itu, gambar 3D di tembo gaputa ini juga bisa menjadi media selfie anak-anak muda yang gemar mengambil foto.

“Kalau mau selfie nggak usah jauh-jauh, cukup di gang kampung aja,” kata dia.

Terlepas dari itu, kegiatan menjelang peringatan kemerdekaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan pemuda dan kembali menumbuhkan semangat gotong royong membangun kampung. “Meskipun hanya sekedar mengecat gang, namun diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan antar warga, khususnya para pemuda di kampung kita,” tandasnya. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments