Radar Pendidikan

Bisa Ditiru, Sekolah Ini Bangun Mental Siswa dengan Sholawat

MSI 01 Kauman

BACA – Para siswa-siswi MSI 01 Kauman sedang membaca sholawat dalam moment maulid nasbi yang diadakan di halaman sekolah.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Dalam rangka membangun karakter mental anak lebih religius, MSI 01 Kauman mengajak siswa-siswinya melakukan pembacaan sholawat setiap hari pasca doa pagi secara bersama-sama.

Demikian disampaikan Kepala MSI 01 Kauman, Muhajirin, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Rabu (8/8).
“Kita baru mulai tahun ajaran baru ini, setiap anak, guru dan karyawan membaca sholawat sebanyak 11 kali setiap hari usai doa pagi,” ungkap Jirin.

Program itu menjadi kebijakan sekolah, karena sangat dirasa kemanfaatanya. Dengan sholawat mampu menanamkan karakter cinta pada Rasulullah. “Kenapa sholawat nabi, karena besok di akhirat yang bisa menolong kita hanya nabi Muhammad. Maka sejak sekarang sambungkan hati kita dengan nabi. Sehingga kelak kita layak mendapatkan syafaat dari nabi,” imbuhnya.

Hakikatnya, manusia hidup adalah untuk mencari bekal ketika mati. Maka MSI 01 Kauman merasa bertanggungjawab tidak hanya masalah dunia, namun juga akhirat kelak.

“Sekolah kami ini memang banyak sekai pelajaran yang tidak tertulis. Tapi kami lebih mengedepankan pada pembiasaan, tanpa pembiasaan ilmu seperti apapun akan percuma tanpa pembiasaan,” terangnya.

Program pembacaan sholawat ini juga termasuk dalam tujuan pendidikan, yaitu penanaman karakter yang luhur bagi generasi bangsa dengan konsep religius. “Semakin banyak kita berdoa, maka kitas semua berharap apa yang menjadi cita-cita kita bersama biaa tercapai. Bayangkan saja setiap anak membaca 11x sholawat dg jumlah anak ada 536 total mencapai 5300an sholawat, itupun belum terhitung guru dan karyawan,” bebernya.

Ia berharap, dengan adanya berbagai macam pembiasaan yang baik di MSI 01 Kauman. Bisa melahirkan generasi-generasi yang cerdas, jujur, juga religius. (mal)

Facebook Comments