Radar Pendidikan

Pasca Bencana Rob, Semangat Belajar Siswa Dibangkitkan Kembali

MI Salafiyah Tegalrejo

BELAJAR – Suasana belajar siswa MI Salafiyah Tegalrejo saat harus mengungsi di Masjid Al Ikhlas.

TIRTO – Setelah terkena bencana rob yang merendam sekolahnya, pihak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tegalrejo saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kembali semangat belajar dalam diri para siswanya.

Demikian diungkapkan pengajar MI Salafiyah Tegalrejo, Yazilatul Khoiroh, kepada Radar Pekalongan. “Memang sulit, terlebih ketika rumah mereka tergenang rob, anak-anak mengaku sulit dan akhirnya tidak bisa belajar,” paparnya.

Kondisi yang tidak memungkinkan itulah yang kemudian harus memaksa para siswa belajar dengan kondisi seadanya di madrasah tanpa adanya pengulangan materi yang mereka lakukan sendiri dirumah layaknya siswa-siswa di sekolah-sekolah lain. “Jangankan untuk belajar, untuk aktivitas yang lain saja susah. Tapi Insya Allah kami dari pihak sekolah harus tetap mengajak siswa belajar, paling tidak ketika di madrasah,” ujar perempuan yang akrab disapa Bu Yesi ini.

Diceritakan, ketika rob menerjang gedung madrasah mereka, pihaknya tidak pernah meliburkan para siswa namun memilih opsi untuk menempati tempat lain agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan. “Kita madrasah terendam, kami juga sudah terbiasa belajar di teras TPQ, ataupun di masjid. Yang terpenting anak-anak harus tetap belajar dan jangan sampai diliburkan,” tandasnya. (yak)

Facebook Comments