Metro Pekalongan

Selamat Jalan Kyai…

mengantarkan jenazah KH Mustofa Bakri

DIANTAR – Ribuan orang mengantarkan jenazah KH Mustofa Bakri usai disalatkan di Masjid Jami Al Khusain, Jenggot, Pekalongan Selatan, menuju ke pemakaman yang berada disamping masjid, Selasa (7/8).
WAHYU HIDAYAT

Ribuan Orang Lepas Kepergian KH Mustofa Bakri

Ribuan warga, ulama, kiai, habaib, dan sejumlah tokoh mengiringi prosesi pemakaman salah satu sesepuh NU Pekalongan, Mustasyar PCNU Kota Pekalongan, KH Mustofa Bakri bin H Abdul Qodir di Jenggot, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Selasa (7/8) siang.

Mereka melepas kepergian ulama sepuh yang pernah menjadi Rais PCNU Kota Pekalongan periode 2002-2007 dan 2007-2002 itu.

Prosesi pemakaman almarhum Kiai Mustofa berlangsung hidmat, dilakukan bakda dhuhur. Jenazah almarhum diberangkatkan dari rumah duka di Jenggot Gang V, Pekalongan Selatan, diiringi ribuan pentakziah menuju Masjid Jami Al Khusain yang berjarak sekitar 300 meter dari kediaman untuk disalatkan. Kemudian, jenazah almarhum dimakamkan di pemakaman sebelah Masjid Jami Al Khusain.

Beberapa tokoh, ulama, habaib tampak hadir di tengah ribuan pentakziah untuk turut berbelasungkawa dan mendoakan almarhum. Antara lain Rais Aam Jam’iyah Ahlith Al Mutabarah An Nahdliyyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.
Hadir pula Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Rais PWNU Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqoh, jajaran kepengurusan PCNU, dan masih banyak lagi.

Rais Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh dalam penghormatan sebelum salat jenazah, sebagaimana dikutip NUonline, memberikan kesaksian bahwa Kiai Mustofa Bakri merupakan sosok yang penuh dengan keteladanan.

Sebagai seorang alim, ungkap Kiai Ubaidullah, KH Mustofa Bakri tidak hanya mendedikasikan diri mengajar di majelis-majelis ilmu dan membimbing serta mendampingi umat.

“Selain khidmah mulia tersebut, Kiai Mustofa juga meninggalkan beberapa karya tulis “risalah” yang akan terus menuntun umat dan memberi manfaat bagi para murid dan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, sebagai pengurus Nahdlatul Ulama, KH Mustofa Bakri menjadi teladan dalam totalitas berkhidmah. Meski dalam kondisi kesehatan yang sudah mulai menurun dan berada di kursi roda, KH Mustofa Bakri terus aktif memikirkan dan menghadiri kegiatan-kegiatan NU.

“Bahkan di atas kursi roda itu juga dengan penuh dedikasi beliau berkenan menemani para pengurus PWNU Jawa Tengah yang usianya jauh lebih muda mendampingi untuk menghadiri kegiatan-kegiatan di Pekalongan,” paparnya.

Mewakili keluarga, Kiai Ishaq Munir juga menceritakan bahwa almarhum sebelum wafat sempat minta dibantu untuk berwudlu, dan dalam keadaan berbaring beliau salat bermunajat kepada Allah SWT.

Sementara itu, Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz menyatakan atas nama Pemerintah Kota Pekalongan, keluarga, pribadi, dan masyarakat Kota Pekalongan mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya salah seorang tokoh dan ulama besar Pekalongan, KH Mustofa Bakri. “Semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT,” katanya.

Menurut Walikota, wafatnya KH Mustofa Bakri membawa duka bagi masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya. “Karena beliau adalah ulama sesepuh, ulama pengayom, dan teladan bagi semuanya. Serta memberi keteduhan dan kesejukan bagi umat,” ungkap Saelany.

KH Mustofa Bakri bin H Abdul Qodir wafat pada hari Senin, 6 Agustus 2018 pukul 14.30 WIB di kediamannya, dalam usia 88 tahun.

KH Mustofa Bakri dilahirkan di Pekalongan pada tanggal 9 Desember 1930 M, bertepatan dengan diadakannya Muktamar NU di Kota Pekalongan, selain aktif di PCNU, juga aktif di majelis pengajian Ihya Ulumuddin Selasa malam di Kanzus Sholawat Pekalongan.

Menurut Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom. Semasa beliau menjadi Rais PCNU, tidak pernah absen dalam kegiatan NU, baik di tingkat ranting sampai di pengurus Cabang NU Kota Pekalongan.

Dalam kesehariannya, Kiai Mustofa juga tidak lepas dari santri. Karena di rumah beliau juga menjadi pengasuh Majelis Ta’lim dan TPQ Raudlatul Furqan yang rutin membaca kitab dan Istiqamah mengajarkan Al-Qur’an setiap sore hari. (way)

Facebook Comments