Radar Pendidikan

Sedekah Dhuha, Ajarkan Berbagi Sejak Dini

MALEKHA
BERI – Siswa-siswi SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang sedang memberikan sedekah dhuha di toples yang sudah disediakan oleh sekolah.

KOTA PEKALONGAN – Mengajarkan anak berbagi sejak dini, menjadi tujuan pendidikan di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, dalam program sedekah dhuha yang dilakukan para siswa setiap hari.

Demikian disampaikan Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, Mubariyyin, kepada Radar di ruang kerjanya, Senin (6/8). “Program sedekah dhuha ini sudah cukup lama dicetuskan, dan sampai saat ini anak-anak tetap antusias untuk bersedekah setiap pagi harinya sesuai kemampuan mereka,” ungkap Ayin sapaan akrabnya.

Sedekah dhuha yang dilakukan oleh para siswa SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, selain melatih para siswa untuk berbagi sekaligus saat ini kebermanfaatan langusng juga dirasakan oleh merka. Pasalnya dana yang terkumpul di alokasikan untuk pembangunan fasilitas berupa penambahan gedung untuk kegiatan belajar mengajar.

“Jadi setiap harinya anak memberikan uang Rp500, namun banyak juga yang lebih. Sedekah ini tidak bersifat memaksa, jadi anak boleh jika tidak membawa uang untuk bersedekah,” terangnya.

Antusiasme sedekha dhuha, tidak hanya di rasakan oleh para siswa namun juga para wali siswa yang menyambut baik program sekolah dalam membina karakter putra-putri mereka. Sehingga kedepan bisa membentuk karakter manusia yang mudah memberi dan berempati.

“Pas saat kita sosialisasi di awal, para wali siswa merespon baik sekali program ini. Buktinya program ini masih lancar berjalan sampai sekarang,” jelas Ayin.

Ia menambahkan, saat ini program sedekah dhuha masih dialokasikan untuk pembangunan gedung sekolah. Namun jika pembangunan sudah selesai kita berencana untuk mengalokasikan dana sedekah kepada kegiatan-kegiatan sosial.

“Karena ini program baik ya, kami berharap program ini mampu menginspirasi sekolah-sekolah untuk melakukan hal yang serupa. Karena banyak sekali edukasi dari program ini yang secara langsung maupun tidak dalam pembentukan karakter siswa,” pungkasnya. (mal)

Facebook Comments