Radar Pendidikan

Menarik, Sekolah Ini Angkat Keunikan Kebun Teh Lewat Tari

Menarik, Sekolah Ini Angkat Keunikan Kebun Teh Lewat Tari

TAMPIL – SDN Keteleng 01 Batang saat menampilkan tari petik teh dalam Pekan Raya Batang beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Gelaran Pekan Raya Batang menampilkan aneka hiburan. Diantaranya yang mencuri perhatian yakni penampilan Tari Petik Teh, dibawakan siswa-siswi SDN Keteleng 01 Blado. Tari Petik Teh sendiri merupakan tari khas Batang yang diangkat dari keunikan Kebun Teh Pagilaran.

Kepala SDN Keteleng 01, Sulomo, kepada Radar Pekalongan menuturkan tari itu merupakan kreasi dari Pudjiastuti, guru sekolahnya yang kini sudah purna tugas. Tari ini sendiri terinspirasi dari keunikan dan aktivitas di perkebunan teh Pagilaran.

“Dari sekolah kami memang sudah beberapa kali menampilkan tari petik teh. Karena dari guru kami juga ada yang menjadi pegiat tari petik teh di Blado. Tari ini merupakan tari yang menceritakan aktivitas pemetik teh di PT Pagilaran,” terang Sulomo, Sabtu (4/8).

Diterangkan, tari ini mengangkat kekhasan atau keunikan lokal, cinta alam dan lingkungan. Tari ini juga mengandung nilai-nilai sosial masyarakat. Diawali dengan gerakan atraktif yang mencerminkan luapan kegembiraan para pemetik teh. Utamanya ketika mereka bertemu teman-teman sesama pemetik teh. Mereka bermain-main digambarkan dengan gerakan memainkan keranjang sambil menuju hamparan kebun teh lain yang siap dipetik.

Setelah sampai di kebun teh yang telah siap petik mereka pun menentukan daun teh yang akan dipetik lewat gerakan tawing taweng. Kemudian dilakukan beberapa gerakan lain seperti gerakan menthang asta yang berarti membuka rerimbunan daun teh. Rangkaian gerakan ini pun merupakan simbol dari gotong royong dan guyub rukun yang dilakukan para pemetik teh.

Dijelaskan, tari petik dari SDN Keteleng 01 Blado sendiri pernah meraih beberapa prestasi dan ditampilkan dalam berbagai event. Seperti Juara dalam FLS2N Kab Batang dan melaju hingga FLS2N Provinsi. Serta pernah tampil dalam Borobudur International Festival (BIF) 2017 di Magelang. Serta event lainnya dalam kegiatan dan event di Batang.

“Alhamdulillah tari petik teh dari SD kami sudah beberapa kali berprestasi. Seperti di FLS2N Kabupaten Batang kami berhasil menjadi juara 1 dan maju ke tingkat provinsi. Dan kami juga pernah tampil dalam BIF 2017 di Magelang, dan beberapa event lainnya di Batang,” tandas Sulomo. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments