Radar Kendal

Kecamatan Ini Menjadi yang Pertama Bebas BABS

KENDAL – Dalam rangka menyongsong Kabupaten Kendal bebas buang air besar sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) pada November 2018 mendatang, beberapa kecamatan melakukan deklarasi. Kecamatan Pageruyung menjadi yang pertama dari sekian banyak kecamatan yang ada serta yang pertama kali pula bebas ODF.

Camat Pageruyung, Nur Cholis, mengatakan, sejak akhir 2017 Pageruyung sudah bebas dari ODF. Bahkan, wilayahnya menjadi yang pertama mendeklarasikannya di Kabupaten Kendal. “Tentunya kami sangat mengapresiasi kesadaran dari masyarakat Pageruyung untuk tidak buang air besar sembarangan,” ungkapnya.

Pencapaian tersebut diakui Nur Cholis membutuhkan kerja keras semua pihak. Bahkan, untuk menyadarkan masyarakat, pemerintah setempat harus menggandeng para ulama atau kiai untuk mengajak masyarakatkan bebas ODF melalui khutbah atau ceramah.

“Sangat sulit dan membutuhkan kerja keras. Bahkan kami libatkan kiai untuk turut membantu. Ini bagian dari pola hidup bersih dan sehat yang dituntunkan agama. Tapi karena disampaikan dalam dimensi agama, maka kita minta bantuan para Kiai,” terangnya.

Nur Cholis juga berharap bahwa ke depan prestasi tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Pegeruyung harus bebas buang air besar selamanya dan menjadi lingkungan yang sehat serta berkualitas. (fik)

Facebook Comments