Metro Pekalongan

Lima Bacalegnya Mundur, Parpol Ajukan Pergantian

Dok Istimewa

KOTA PEKALONGAN – KPU Kota Pekalongan sudah menerima berkas perbaikan syarat bacaleg dari 14 parpol peserta Pemilu 2019 di Kota Pekalongan. Dua parpol, menyerahkan hasil perbaikan lebih dulu sebelum hari terakhir. Sementara sisanya 12 parpol, menyerahkan berkas perbaikan pada hari terakhir yakni 31 Juli 2018.

Dari berkas perbaikan yang dikembalikan parpol, tercatat ada lima parpol yang mengajukan pergantian bacaleg. Pergantian dilakukan dengan beberapa alasan mengundurkan diri, kesulitan memenuhi syarat, alasan pribadi, keluarga, hingga tidak diizinkan oleh atasan. “Ada lima parpol yang melakukan pergantian calon. Kami belum verifikasi kembali,” tutur Komisioner KPU Divisi Teknis, Edi Harsoyo, Rabu (1/8).

Mengenai dokumen-dokumen perbaikan, ia mengatakan bahwa rata-rata kekurangan bersifat data dan administrasi seperti surat legalisir ijazah, surat keterangan dari Pengadilan Negeri hingga adanya perbedaan nama antara KTP dan ijazah yang harus disertai keterangan dari pihak yang berwenang.

“Semua berkas perbaikan sudah masuk dan kami akan verifikasi kembali pada tanggal 1 sampai 7 Agustus mendatang. Hasilnya, akan kami verifikasi kembali tapi setelah ini sudah tidak ada kesempatan bagi parpol maupun calon untuk memperbaiki. Kalau masih ada kekurangan akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” jelas Edi.

Setelah hasil verifikasi, KPU kemudian akan menyusun Daftar Calon Sementara (DCS) pada 8 hingga 12 Agustus. Kemudian mulai 12 Agustus hingga 14 Agustus, DCS akan diumumkan ke masyarakat melalui media massa. “Kalau ada yang dokumennya tidak lengkap maka tidak masuk DCS dan diberi status TMS. Yang bersangkutan juga dipastikan tidak masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT),” tandasnya.(nul)

Facebook Comments