Kesehatan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk yang Mengganggu dengan Bahan Alami dan Sederhana

Meski terdengar sepele, radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat mengganggu. Terlebih jika Anda sedang berada pada aktivitas yang sangat padat serta tak bisa kompromi.

Pada zaman dahulu, orang-orang punya cara mengobati radang tenggorokan dengan berbagai resep herbal, alami, dan mudah ditemui di sekitar rumah. Hal ini masih bisa kita gunakan dan relevan di masa sekarang.

Radang tenggorokan biasanya merupakan istilah yang biasa digunakan orang awam untuk menyebut gejala sakit tenggorokan. Padahal tidak semua kasus sakit tenggorokan bisa disebut radang. Radang tenggorokan biasanya lebih disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan merupakan gejala awal flu dan bisa disembuhkan dengan bahan alami dalam waktu relatif singkat. Namun beberapa lagi menunjukkan gejala yang lebih serius dan perlu penanganan medis profesional.

Berikut ini akan kami tampilkan deretan cara mengobati radang tenggorokan level ringan dan sedang menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang dilansir Liputan6.com pada Rabu (1/8/2018) dari rubrik SEHAT Merdeka.com.

Cara mengobati radang tenggorokan dan batuk

Radang tenggorokan kerap disertai batuk yang menyiksa. Entah itu batuk berdahak atau batuk kering yang membuat tenggorokan terasa semakin sakit. Keduanya merupakan gejala yang umum untuk influenza. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan seperti ini?

Berikut ini kami tampilkan cara mengobati radang tenggorokan dan batuk yang disebabkan karena influenza.

1. Konsumsi bawang putih. Kunyah bawang putih di malam hari agar tenggorokan terasa lega keesokan harinya.

2. Minum air jahe. Jahe bisa membantu membunuh bakteri dan menyapu lendir yang membuat tenggorokan tak nyaman.

3. Makan buah pisang. Pisang kaya akan vitamin, vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk.

4. Minum sesendok madu. Larutkan madu dengan air hangat atau konsumsi langsung untuk mengobati radang tenggorokan secara alami.

5. Minum jus kiwi. Kiwi kaya akan kandungan protein yang dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan. (mg1)

Sumber: Liputan6.com

Facebook Comments