Radar Pendidikan

Para Dokter Kecil Ini Dapat Ilmu dari Petugas Puskesmas dan Dinkes

5 - Siswa Ikuti Pembinaan Dokter Kecil (1)

MENDENGARKAN – Peserta Pembinaan Dokter Kecil tengah mendengarkan pemaparan materi, Senin (30/7).
FAKHRUN NISA

WONOPRINGGO – Sebanyak 70 siswa SD/MI se Kecamatan Wonopringgo mengikuti kegiatan Pembinaan Dokter Kecil yang bertajuk Orientasi Kader Kesehatan Sekolah di Aula Koordinator Kecamatan Wonopringgo Bidang Pendidikan.

Kegiatan digelar selama dua hari yakni pada Senin (30/7) hingga Selasa (31/7). Pembinaan Dokter Kecil ini merupakan program UKS Puskesmas Wonopringgo.

Pemegang program UKS Kecamatan Wonopringgo Siti Syafaatul Utma AMK menuturkan, Pembinaan Dokter Kecil merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun sekali. Biasanya, kegiatan tersebut dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dan diikuti oleh siswa kelas V. Dari 35 SD/MI di Kecamatan Wonopringgo, masing-masing sekolah mengirimkan delegasi dua siswa, putra dan putri.

“Kami memilih kelas V karena mereka kami anggap mereka sudah tahu kondisi sekolah, dan yang diajukan untuk lomba dokter kecil adalah siswa kelas V. Biasanya kami menyelenggarkaan kegiatan ini di Puskesmas, tapi kali ini kami ingin ada timbal balik dan kerja sama dengan Dinas Pendidikan, maka kami adakan pembinaan dokter kecil di Aula Koordinator Bidang Pendidikan Wonopringgo,” ujarnya kepada Radar, Senin (30/7).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, peserta Pembinaan Dokter Kecil mendapatkan beberapa materi, diantaranya UKS dan dokter kecil, kesehatan mata dan NAPZA, kesehatan gigi dan mulut, imunisasi, gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), serta hygine perseorangan dan lingkungan. Materi-materi tersebut disampaikan oleh tim pemateri dari Puskesmas Wonopringgo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

Selain materi, siswa juga akan melaksanakan pre test dan post test. Pre test dikerjakan sebelum penyampaian materi pada hari pertama, dan post test dikerjakan setelah seluruh materi disampaikan pada hari kedua. Diharapkan, siswa yang mengikuti Pembinaan Dokter Kecil mampu menjadi contoh dan teladan dalam menerapkan prinsip Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah masing-masing.

“Kami ingin mendidik anak-anak sebagai kader kesehatan, sebagai contoh yang memberikan teladan untuk teman-teman di sekolah. Mereka bisa memberikan contoh tentang PHBS, menolong orang sakit, membuang sampah, dan menjadi duta-duta untuk kegiatan dari Puskesmas, seperti imunisasi,” tandas Uut. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments