Otomotif

9 Cara Memperbaiki Mobil Mogok Bagi Kamu yang Masih Amatir

Mobil mogok merupakan momok bagi semua pengendara, terlebih mereka yang tidak memiliki kemampuan reparasi sama sekali. Bayangkan jika tiba-tiba di tengah jalan yang sepi mobil kamu tiba-tiba rusak. Kamu dipastikan bisa bingung setengah mati. Buat kamu yang masih amatir dalam memperbaiki mobil, kamu tetap bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Amankan dirimu terlebih dahulu.

Amankan dirimu terlebih dahulu. Pastikan menyentuh mesin saat kondisinya dingin. Jangan melakukan pengecekan mesin saat kondisinya masih panas karena akan membahayakan keselamatanmu.

2. Pastikan mengetahui cara mengencangkan dan melonggarakan mur.

Ini adalah pengetahuan paling dasar. Kamu harus tahu proses yang benar dalam melonggarkan dan mengencangkan mur dan baut mobil. Jangan sampai berleebihan dalam mengencangkannya atau kamu akan membuatnya semakin rusak. Tujuannya untuk mengecek beberapa bagian yang mungkin tertutup.

3. Pastikan alat yang kamu pakai sesuai.

Hindari menggunakan alat yang salah, misalnya memilih ukuran obeng yang salah. Pasalnya, ini akan membuat kepala mur atau baut mobil menjadi hancur. Kalau sudah begini situasi yang kamu hadapi bakal kian sulit.

4. Cari informasi cara memperbaiki mobil melalui video atau artikel.

Kamu punya gadget. Permudah diri kamu dengan mencari video dan diskusi online tentang masalah yang dialami mobil kamu.

5. Beli buku manual yang mudah dimengerti, bukan buku manual untuk kaum profesional.

Belilah buku manual yang bisa dipakai untuk pengguna yang kurang berpengalaman. Jangan memakai buku manual untuk pro dalam melakukan perbaikan karena banyak bahasanya yang mungkin tidak akan mudah kamu mengerti. Yang tak kalah penting, bawalah buku itu ke manapun pergi.

6. Lebih aman, lakukan maintenance mobil per bulan.

Bisakanlah untuk melakukan maintenance atau pemeliharaan mobil yang terjadwal. Pastikan kamu juga menerima tanda terima dan catatan dari dealer service mobil yang kamu gunakan.

7. Jangan pernah mengutak-atik kabel mobil karena ini bagian yang rumit.

Kamu juga harus sadar diri bahwa bagian kabel-kabel listrik untuk sekering, dan lain sebagainya di mobil adalah bagian yang rumit. Jadi jangan pernah berpikir untuk mengutak atik apalagi memotongnya. Kecuali jika kamu sudah merasa mahir.

8. Perbaiki mobil kamu dengan cara “asumsi”.

Kamu yang lebih tahu mobil kamu. Jadi mulailah memperbaiki dengan cara sederhana, yaitu dengan melakukan asumsi kira-kira apa penyebab masalah mobil kamu dan mana bagian yang sekiranya perlu perbaikan. Meski terlihat seperti berjudi, setidaknya cara ini bisa menjadi sedikit solusi untuk mencari permasalahan yang terjadi.

9. Sedia payung sebelum hujan.

Meski kamu kurang berpengalaman sekalipun, kamu juga harus mempunyai alat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil. Siapa tahu alat tersebut akan berguna di kemudian hari saat mobilmu rusak. (mg2)

Sumber: idntimes.com

Facebook Comments