Kesehatan

Benarkah Minum Air di Pagi Hari Dapat Mempercepat Metabolisme Tubuh?

Mungkin Anda sering mendengar ajakan untuk minum air di pagi hari jika ingin mempercepat metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih banyak. Namun, apakah benar? Dilansir dari Popsugar, seorang pakar metabolisme tubuh Sarah Greenfield, RD, CSSD, dan Alex Caspero, MA, RD, CLT, RYT, selaku pakar nutrisi dari Hum, mempunyai jawaban atas pertanyaan Anda.

Metabolisme yang lebih cepat memiliki arti bahwa tubuh Anda mampu memproses energi atau kalori dengan cara yang lebih efisien. Saat tubuh Anda mampu memproses secara efisien, maka semakin sedikit yang tersimpan di tubuh dan semakin banyak pula yang dipakai untuk tubuh,” ujar Sarah kepada Popsugar.

Lalu, jika Anda minum air di pagi hari untuk mempercepat metabolisme tubuh, apa yang akan terjadi? Sarah menjelaskan, “Hal itu mungkin akan membantu Anda mengurangi kalori berlebih di hari tersebut, tapi tidak akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak atau lebih cepat.” Sementara, menurut Alex, air tidak dapat memberikan energi dan tidak memberikan efek bagi metabolisme tubuh Anda. Sarah juga menambahkan, minum air di pagi hari membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Hal inilah yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama di tubuh Anda. Namun, hanya sebatas itu.

So, cara terbaik untuk memperlancar metabolisme tubuh adalah dengan meningkatkan berat otot Anda. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. “Sel otot memiliki sistem metabolisme yang lebih aktif daripada lemak. Apa artinya? Artinya kalori pada tubuh Anda akan lebih banyak terbakar seiring dengan bertambahnya berat otot Anda,” jelas Sarah.

Daripada sibuk memilih dan memilah makanan atau minuman untuk mempercepat metabolisme tubuh, lebih baik lakukan olahraga secara rutin saja! (mg1)

Sumber: Womantalk.com

Facebook Comments