Radar Batang

Ada Sistem Baru, Bendahara Sekolah Harus Bisa Beradaptasi

Bintek Pengurus Barang

DIKLAT – Para Pengurus Barang di lingkungan Disdikbud Batang saat mengikuti diklat kepengurusan barang, Senin (30/7).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Ratusan bendahara sekolah atau yang menanggungjawabi pengurusan barang dan inventaris di lingkungan Disdikbud Batang mengikuti diklat pengurus barang selama dua hari, Senin sampai Selasa (30-31/7) kemarin, di Hotel Dewi Ratih.

Sekretaris Disdikbud Batang, Bambang SS, didampingi verifikator keuangan Disdikbud, Khoirul Muanam, menerangkan, kegiatan itu ditujukaan agar para pengurus barang mampu beradaptasi dengan sistem baru. Apalagi, mulai tahun ini kepengurusan barang dan administrasi juga telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah (SIMBADA).

“Diklat ini diperuntukkan untuk mengupgrade kemampuan para pengurus barang di lingkungan Disdikbud. Karena memang ada sistem baru yang sebagian pengurus barang belum tahu. Dan diharapkan dengan ini mereka lebih paham, karena ini berkaitan pula dengan pengelolaan bos yang diberikan ke sekolah,” terang Bambang.

Melalui pelatihan tersebut, lanjut Bambang, admistrasi di sekolah dapat dibuat dengan lebih rapi dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai kegunaannya. Pasalnya, selama ini karena kebelumpahaman adimistrasi masih banyak data yang dianggap salah, meski pada kenyataannya benar.

Kata dia, Hal itu terjadi karena ada kesalahan dalam input administrasinya.

“Diharapkan dengan ini adminstrasi dan investarisasi barang di lingkungan Disdikbud ini dapat berjalan dengan benar. Tidak ada data yang janggal karena kesalahan administrasi. Dan memang ini pesertanya masih terbatas, kami harap ke depan diklat ini dapat menjangkau seluruh pengurus barang di lingkungan Disdikbud Batang,” tandasnya. (nov)

Facebook Comments