Radar Pendidikan

Ajak Siswa Peduli Ligkungan

1 - Ajak Siswa Peduli Ligkungan (1)

TANDATANGAN – Prosesi penandatanganan pakta integritas go clean go green yang dilakukan kepala sekolah, dewan guru serta para siswa di halaman sekolah.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Sebagai upaya menerapkan karakter peduli lingkungan kepada siswanya, SMP Islam Pekalongan menggelar penandatanganan pakta integritas go clean go green untuk menjadi komitmen bersama dalam menjaga lingkungan.

Demikian disampaikan Kepala SMP Islam Pekalongan, Titik Purwaningsih, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Senin (30/7).

“Sebenarnya program ini muncul karena kesadaran menjaga lingkungan yang masih kurang, sehingga dengan penandatanganan pakta integritas go clean go green ini bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab dengan lingkungannya,” ungkap Titik, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, menumbuhkan tanggung jawab terhadap lingkungan juga sejalan dengan tunjuan pendidikan dalam hal pembentukan karakter yang saat ini sedang di galakkan. Karena hakekatnya menjaga lingkungan adalah kewajiban setiap manusia yang sering terlupakan.

“Program menjaga lingkungan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun sebelumnya, namun pelaksanaan programnya belum maksimal. Nah mulai tahun ajaran baru ini, kita bikin gebrakannya secara serius. Hal ini bertujuan untuk memacu para siswa dan guru serius menjalani komitmenya,” ujarnya.

Dijelaskan, progam go clean go green itu mempunyai program 1 bulan 1 kali yang dilaksanakan seluruh warga sekolah setiap hari Senin minggu ke 4 tiap bulannya. Meskipun jadwal kebersihan harian tetap ada untuk setiap kelas.

“Nah nanti setiap hari Senin minggu ke 4 tiap bulan, kita semua guru, karyawan serta para siswa melakukan bersih-bersih secara bersama. Sehingga semangat kita untuk menjaga kebersihan lebih terjaga,” terang Titik.

Sejauh ini ia mengaku, belum menerapkan sanksi atas kemungkinan pelanggaran kebersihan baik yang dilakukan oleh para guru ataupun siswa. Komitmen ini baru sebatas menegur dan mengingatkan untuk menjaga lingkungan bersama.

“Saat ini belum ada sanksi, tapi kita akan terus melakukan evaluasi. Kalau ternyata di perjalanannya kita membutuhkan aturan tegas sampai dengan sanksi pelanggaran ya nanti kita akan buatkan,” tandasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya komitmen bersama menandatangani pakta integritas go clean go green ini bisa menerapkan karater tanggung jawab serta mencintai kebersihan kepada warga SMP Islam Pekalongan.

“Kami berharap, jika karakter anak nantinya sudah terbentuk seperti ini. Dimanapun anak kami berada mereka akan peduli terhadap lingkungan, merasa risih saat lingkungannya tidak bersih, rapi dan ringan tangan untuk membantu,” pungkas Titik. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments