Radar Pendidikan

Sekolah Ini Pinjami Sepeda Bagi Siswanya yang Tak Mampu

Sekolah Ini Pinjami Sepeda Bagi Siswanya yang Tak Mampu

PENDATAAN – Para guru dan siswa tengah melakukan pendataan sekaligus pengecekan sepeda yang akan dipinjamkan kepada siswa baru kelas VII, Minggu (29/07).
EKA ISDITYA

BOJONG – Menjadi sebuah keharusan, bagi sebuah instansi pendidikan agar memiliki program unggulan atau beberapa hal unik yang menjadi pembeda dengan beberapa sekolah lain. Program-program tersebutlah yang sedikit banyak akan dapat membantu eksistensi suatu instantsi di mata masyarakat.

Demikian pula dengan keberlangsungan satu program unik di SMP Islam Bojong yakni peminjaman sepeda secara gratis untuk mobilitas ke sekolah kepada siswanya yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.

Dituturkan Kepala SMP Islam Bojong, Mustofa SAg, kepada Radar Pekalongan, Minggu (29/07), pihaknya telah melaksanakan program unik tersebut selama 4 tahun berjalan sejak tahun 2014. “Alhamdulillah program sudah 4 tahun berjalan dan mendapat sambutan positif,” tuturnya. Sebanyak kurang lebih 40 sepeda yang kini telah dipinjamkan kepada para siswa dari kelas VII, VIII, dan IX.

Dijelaskan pula oleh Staf Tata Usaha SMP Islam Bojong yang bertugas mengurusi pendataan peminjaman, Roy Mukhlis, dalam memilih para siswa yang berhak meminjam sepeda, pihaknya menggakan beberapa sistem penilaian khusus.

“Jadi awalnya anak-anak mendaftar dulu, kami berikan form pendaftaran, baru setelah itu dari pihak sekolah menyeleksi. Kita pertimbangkan antara siswa A dengan siswa B mana kira-kira yang lebih membutuhkan,” kata dia.

Seleksi tersebut harus dilakukan mengingat keterbatasan jumlah sepeda yang dimiliki. “Ya tentu kami tetap merencanakan untuk penambahan jumlah unit sepeda,” imbuhnya.

Dalam melakukan pengadaan sepeda tersebut, para sekolah dibantu oleh pihak yayasan bersama-sama bersinergi untuk mensukseskan program yang sangat berguna bagi siswa tersebut. “Jadi sepeda yang dipinjam anak-anak ini dapat digunakan sampai lulus, walaupun kadang ditengah-tengah tahun ada beberapa siswa yang mengembalikan karena sudah membeli sepeda sendiri,” tutup Roy. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments