Metro Pekalongan

Untuk Warga yang Jadi Korban Kejahatan Siber, Bisa Lapor Kesini

Ilustrasi Kejahatan Siber

Ilustrasi Kejahatan Siber

KOTA PEKALONGAN – Masyarakat yang menjadi korban kejahatan siber, baik itu penipuan online, transaksi atau jual beli online, maupun kejahatan siber lainnya, diarahkan untuk langsung melapor ke Unit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng.

Menurut Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, itu dilakukan agar penanganan permasalahan yang kaitannya dengan kejahatan siber bisa lebih cepat ditangani. Sebab, yang memiliki SDM serta peralatan khusus berkaitan dengan cyber crime adanya di tingkat Polda, bukan di tingkat Polres.

Menurutnya, masyarakat tetap bisa melaporkan ke kantor polisi manapun. Tapi mengingat segala keterbatasan kemampuan dan teknologi yang dimiliki Polres, Polres akan mengarahkan laporan tersebut ke Ditreskrimsus Polda bagian Cyber Crime.

“Demi pelayanan prima dan untuk mempercepat proses penanganan permasalahan masyarakat menjadi korban kejahatan cyber crime kami akan tetap menerima laporan dimaksud, dan langsung melanjutkan laporan tersebut ke Team Cyber Crime Polda Jateng di Dit Reskrimsus Polda Jateng di Jalan Sukun Banyumanik Semarang,” kata Kapolres, Senin (30/7).

Disampaikan Kapolres bahwa tindak lanjut laporan kejahatan siber itu nantinya ditangani oleh Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jateng.

“Untuk mempercepat penanganan masalah yang dialami masyarakat, khususnya mengenai kejahatan siber, semuanya akan ditangani langsung oleh unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda. Jadi masyarakat yang melaporkan selanjutnya akan berkoordinasi langsung dengan Polda,” imbuh Kapolres. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments