Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Wajah

Salah satu minuman yang enak, segar, dan kaya manfaat adalah air kelapa. Di balik rasanya yang nikmat dengan gula alaminya dan kesegarannya yang maksimal, manfaat air kelapa sangat banyak dan luar biasa bagi tubuh kita.

Manfaat air kelapa yang menakjubkan bagi tubuh kita ternyata disebabkan oleh kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat.

Manfaat air kelapa hijau

1. Menurunkan berat badan

Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunaan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau dari pada harus membeli obat obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal

2. Menetralisir racun di tubuh

Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

3. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita ketika kita sedang beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa hijau adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alesan mengapa air kelapa hijau dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Banyaknya vitamin dan kandungan yang berguna untuk tubuh yang terdapat dalam air kelapa hijau ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin, maka kita dapat menjaga kesehatan pada ginjal.

6. Sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, senyawa ini dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga air kelapa hiaju ini baik untuk ibu hamil dan janin

7. Meningkatkan vitalitas pada pria

Kebanyakan pria saat ini mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Ternyata mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang menganggu tingkat kesuburan pada pria.

8. Membuat kulit menjadi mulus

Kecantikan kulit adalah hal yang sangat diidam idamkan oleh setiap wanita. Senyawa yang terdapat dalam air kelapa bermanfaat untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit.

9. Sebagai obat untuk penyakit demam

Banyaknya zat yang terdapat pada air kelapa juga dapat membantu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan cara campurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

Manfaat air kelapa tua

Menurut sebuah penelitian air kelapa tua lebih banyak memiliki manfaat di bidang kesehatan. Ini karena semakin matang buah kepala semakin kaya dan lengkap kandungan gizi yang dimilikinya.

Air kelapa tua memiliki kandungan mineral, protein, lemak, vitamin C, dan karbohidrat. nah, kandungan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Berikut adalah manfaat air kelapa tua.

1. Mencegah Penyakit usus

Tahukah anda bahwa salah satu cara untuk mencegah penyakit usus adalah dengan rutin meminum air kelapa tua sehari-hari. Karena usus halus sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai penyakit yang dapat menyerang.

2. Mencegah Campak

Mengobati campak dapat diobati dengan air kelapa muda dengan meminum air kelapa muda sebanyak dua kali dalam sehari. Air kelapa muda dapat membantu mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit ini. Ciri-ciri dari penyakit campak adalah bulatan merah-merah yang tumbuh hampir di seluruh tubuh dan demam tinggi yang penderita derita.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang banyak terjadi pada usia remaja. Jerawat disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dan terkontaminasi dengan debu hingga timbullah jerawat. Jerawat memang dapat hilang sendiri saat kadar hormon mulai stabil. Namun langkah untuk penyembuhan juga diperlukan jika kondisi jerawat sangatlah parah. Minum air kelapa dapat membantu menghilangkan jerawat dan juga menyamarkan noda hitam bekas jerawat anda secara alami. Apalagi air kelapa tua juga memiliki rasa yang enak dan lezat.

4. Dehidrasi

Banyaknya anda beraktifitas dapat membuat anda kehilangan banyak cairan tubuh. Sebagai salah satu pengganti cairan tubuh yang hilang secara alami adalah dengan minum air kelapa. Jadi untuk mengatasi rasa haus tidak hnaya memerlukan air putih saja namun juga dapat menggunakan air kelapa. Karena air kelapa tua mengansung karbonhidrat yang dapat digunakan sebagai penambah energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

5. Mengatasi Kolera

Penyakit kolera merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Penyakit ini mudah sekali menular saat bersentuhan atau juga melalui pakaian. Kolera mulanya berukuran kecil dan dapat merubah menjadi besar secara perlahan-lahan jika dibiarkan begitu saja. Penyakit kolera ini disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang telah terjankgkiti bakteri vibrio cholerae yang menyebabkan kolera. Untuk mengatasi kolera cobalah untuk rutin mengkonsumsi air kelapa muda sebagai minuman anda.

6. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya proses pembuangan air besar dari dalam tubuh. Sistem pencernaan dapat terganggu saat tubuh kekurangan asupan serat dari luar tubuh. Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dan serat juga ada pada air kelapa tua yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga tubuh menjadi sehat dan fit selalu.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa memiliki manfaat yang luar biasa, khususnya untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat banyak dan hal ini sering dijadikan penolong bagi mereka yang ngidam saat hamil.

Namun yang perlu Anda tahu, air kelapa hijau adalah yang paling bagus khasiatnya untuk ibu hamil ketimbang air kelapa biasa. Lantas apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Diuretik alami

Air kelapa muda memiliki sifat diuretik alami, yang steril dan aman dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami, membuat air kelapa muda dapat bermanfaat melancarkan proses pembuangan urin, membersihkan saluran kemih, membantu mengeluarkan zat racun yang masuk ke dalam tubuh, dan dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

2. Meningkatkan fungsi pencernaan

Biasanya fungsi pencernaan pada ibu hamil akan mengalami gangguan kehamilan seperti pelambatan mencerna makanan, sehingga air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaannya. Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan dapat dicegah.

3. Kandungan elektrolit alami

Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu anda dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami tubuh akan terjadi seiring kegiatan yang dilakukan. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil.

4. Meningkatkan HDL

Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Hal ini dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi.

5. Kandungan vitamin C

Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

6. Mengandung vitamin B

Vitamin B juga merupakan salah satu jenis vitamin yang terkandung di dalam air kelapa muda. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dengan adanya vitamin B, maka akan membantu penggantian jaringan-jarinagn tubuh yang rusak, terutama pada ibu hamil.

7. Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, karena mengandung kolesterol baik yang cukup tinggi. Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh siapa saja, bukan hanya untuk ibu hamil.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi. Disinilah peran air kelapa muda akan terasa. Air kelapa muda dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, terutama bagi ibu hamil.

9. Anti aging

Air kelapa mudah memiliki manfaat yang baik sebagai anti aging atau anti penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh sifat dari air kelapa muda yang dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh. Hal ini sangat baik dikonsumsi setelah kehamilan, untuk mengatasi masalah stretch mark di perut.

10. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dan magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Kondisi ini juga diperlukan untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan janinnya.

11. Menurunkan tekanan darah

Ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibu hamil ini memang penting, karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

Manfaat air kelapa untuk wajah

Seperti yang telah banyak disinggung di atas. Manfaat air kelapa salah satunya adalah untuk kesehatan dan kecantikan wajah. kandungan Mineral serta Vitamin pada air kelapa ini sangat di butuhkan bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari seperti Protein, karbohidrat, Vitamin C, Vitamin B kompleks dengan lemak rendah.

Adapun kandungan Asam amino yang terkandung dalam air kelapa ini seperti serin, sistein, alanin, dab arginin. Asam amino esensial merupakan zat yang sangat di butuhkan bagi tubuh sebagai penyusun molekul dan protein penting lainnya.

Berikut ini adalah manfaat air kelapa untuk wajah:

1. Mencegah penuaan dini

Kandungan Asam lemak jenuh yang di sebut sebagai sitokin atau asam laurat merupakan salah satu elemen penting yang di butuhkan dalam proses regulasi dan pertumbuhan sel kulit. Kedua elemen ini berfungsi untuk menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya. Selain itu, kandungan Antitrombotik serta Antikarsinogenik dapat menjaga jaringan kulit serta menyeimbangkan Ph pada kulit. Terlebih kandungan cytokinin pada air kelapa berkhasiat sebagai Antikanker dan Antipenuaan.

2. Obat jerawat

Pertama, siapkan air kelapa sebanayak 1 gelas, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah di parut, lalu simpan dalam lemari es semalaman. Setelah itu, saring hampas kunyit dengan kain dan oleskan airnya pada permukaan kulit secara merata, beri sedikit gosokan dan biarkan selama 20 menit. Telakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

3. Melembabkan kulit wajah

Cara untuk mendapatkan khasiat dari air kelapa untuk melembabkan wajah ini yaitu, cukup dengan membasuhkan air kelapa segar pada kulit wajah anda hingga merata dengan member gosokan, dengan demikian kulit akan lebih elastic serta lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, anda bisa meminumnya secara rutin agar kulit menjadi lebih lembab dan terlihat lebih awet muda.

4. Menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

Anda bisa melakukan perawatan dengan memanfaatkan air kelapa sebagai masker wajah. Siapkanlah buah timun secukupnya, kemudian haluskan menggunakan blender dengan menambahkan gelas air kelapa. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah secara merata, dan biarkan selama 30 menit. Telakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

5. Menyegarkan kulit wajah

Membasuh kulit wajah dengan menggunakan air kelapa muda juga akan bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah secara alami.

6. Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak akan membuat tampilan wajah terlihat kusam dan kotor, sehingga akan mengganggu pada penampilan kita dalam sehari-hari. Untuk mengatasi hal semacam ini, lakukanlah perawatan dengan cara yang telah di jelaskan sebelumnya secara rutin dan teratur 3 kali dalam satu minggu. (mg1)

Sumber: Liputan6.com

Facebook Comments