Radar Batang

Jangan Lupa, Malam Ini Pekan Raya Batang Resmi Dibuka

Pekan Raya Batang

TENGOK – Masyarakat Batang dan sekitarnya mulai menengok persiapan pelaksanaan Pekan Raya Batang yang bakal dibuka malam ini.
NOVIA ROCHMAWATI

Jadi Pameran Buku Plus nan Kreatif

Pekan Raya Batang akan mulai dibuka malam ini, Selasa (31/7). Even pameran buku tahunan itu dipastikan menampilkan kreativitas yang benar-benar berbeda. Tak hanya menyajikan pameran buku dan multiproduk, Disperpuska Batang selaku penyelenggara juga bakal menghadirkan berbagai inovasi menarik.

Salah satunya dengan memberikan apresiasi kepada pegiat literasi di Batang, yang diberi nama Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaka 2018. Hal itu seperti dituturkan Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah S Pd M Si, saat diwawancarai Radar Pekalongan, Senin (30/7).

Setidaknya, nanti akan diberikan tujuh kategori penghargaan kepada insan literasi Batang. “Acara Pekan Raya Batang ini merupakan acara pameran buku tahunan yang mulai tahun ini kami konsep secara berbeda. Tahun 2018 ini kami akan berikan apresiasi pada pegiat literasi dan insan literasi yang telah mendukung gerakan literasi di Batang. Kami beri nama Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaka 2018.

Ini sebagai wujud apresiasi dan terima kasih kami atas dukungan masyarakat dan instansi yang telah menumbuhkan semangat literasi di Batang. Rencananya akan ada tujuh kategori penghargaan yang akan kami berikan di puncak kegiatan,” jelas Rakhmat.

Dijelaskan, tujuh kategori penghargaan tersebut, yakni masyarakat pegiat literasi, tokoh peduli literasi, perpustakaan desa tergiat literasi, perpustakaan sekolah tergiat literasi, Media Massa Peduli literasi, OPD tergiat litetasi, dan Perusahaan peduli literasi.

Penghargaan tersebut rencananya akan diserahkan pada tanggal 4 Agustus 2018 dalam acara Malam Gemilang Perpuska Nugra Jasa Dharma Pustakaloka 2018.

“Malam anugerah nanti akan semakin terasa lengkap karena akan dikukuhkan pula sosok Bunda Literasi. Yaitu sosok yang karena ketokohan dan kedudukannya diharapkan dapat menjadi penggerak dalam penumbuhkembangan budaya literasi di Kabupaten Batang,” imbuh Rakhmat.

Ditambahkan, kegiatan Pekan Raya Batang sendiri rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Batang. Even tahunan itu juga akan dihadiri pejabat Perpusnas RI dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng. Malam pembukaan acara nanti bakal dimeriahkan dengan pesta kembang api, dan launching e-Perpus Batang.

“Pembukaan pekan raya batang ini pasti dijamin meriah. Karena nantinya akan ada pesta kembang api dan juga ada launching e-Perpus Batang. e-Perpus sendiri kami harapkan dapat menjadi wujud prima pelayana perpusda bagi masyarakat untuk mengakses koleksi Perpustakaan melalui jaringan internet,” tandas Rakhmat. (nov)

Facebook Comments