Otomotif

Penyebab lampu depan mobil mati dan cara memperbaikinya

Headlamp atau lampu utama mobil merupakan komponen yang sangat penting, terutama pada saat malam hari. Bagaimana jika lampu depan mobil mati mendadak, bagaimana cara memperbaikinya?.

Pada umumnya permasalahan pada lampu depan bermacam macam. Misalnya headlamp mati sebelah, headlamp hanya hidup saat jauh, headlamp mati saat jauh, headlamp cepat mati, gosong dan lain sebagainya.

Tips mengetahui penyebab lampu mati dan cara memperbaikya ada beberapa cara diantaranya:

Bohlam mati

Penyebab yang pertama ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, saat pemasangan bohlam yang salah. Bohlam lampu pada bagian kacanya memang harus steril dari minyak atau kotoran alias tidak boleh tersentuh tangan. Nah jika hendak mengganti sendiri, pastikan bahwa bagian kacanya terlindungi. Penyebab bohlam mati selanjutnya adalah
kualitas bohlam itu sendiri. Bohlam yang memiliki kualitas tinggi biasanya akan memiliki umur pakai yang lama, akan tetapi bohlam yang berkualitas harganya cukup mahal. Akan tetapi jika dihitung hitung lebih baik memakai bohlam yang berkualitas, dibandingkan dengan bolak balik membeli bohlam KW yang harganya lebih murah. Penyebab selanjutnya bohlam cepat mati yaitu ukuran dayanya tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau kendaraannya. Misalnya jika mobil anda menggunakan daya 55/60W maka gantilah bohlam dengan spesifikasi yang sama.

sekring putus

Sekring atau fuse putus memiliki penyebab yang bermacam macam. Fuse putus umumnya disebabkan karena konsleting listrik, yaitu pada saat kabel pada beban mengalami hubungan pendek, nah sekering inilah yang berfungsi untuk mengamankan sistem kelistrikan agar tidak terjadi kebakaran atau gangguan sistem lainnya. Penyebab sekering putus ada beberapa yaitu; lampu yang digunakan melebihi daya spesifikasi tanpa menambah relay set, sekering diganti dengan ukuran yang lebih kecil, dan yang terakhir konsleting listrik. Sebelum mengganti sekering yang putus pastikan bahwa tidak terdapat konsleting, atau jika ada segera perbaiki terlebih dahulu sebelum mengganti fuse. Jika anda mengalami kondisi darurat maka anda bisa menggunakan spare yang disediakan di kotak relay.

Nah bagaimana cara memakai lampu yang ukurannya lebih besar? Yaitu dengan memasang relay set. Relay set yaitu sebuah komponen yang ditambahkan pada kelistrikan lampu utama yang berfungsi sebagai switch untuk menyalakan dan mematikan sebuah lampu yang memiliki daya lebih tinggi dibandingkan dengan lampu standart. Nah relay set ini mengambil triger dari socket lampu standart untuk mengatur nyala lampu. Jika temen temen ingin memasang ralay set pastikan membeli yang berkualitas agar awet, dan biasanya relay set telah memiliki fuse tambahan sebagai pengaman dengan daya yang lebih besar.

Socket kendor atau kotor

Socket yang kendor atau kotor dapat menyebabkan lampu utama mati atau redup. Mengapa demikian? Socket yang kendor akan menyebabkan meningkatnya resistansi suatu penghantar akibatnya arus yang mengalir menjadi terhalang dan menyebabkan lampu utama mati. Penyebab socket kendor atau kotor yaitu socket mengalami karatan, atau oksidasi yang disebabkan karena air, biasanya hal ini terjadi karena cover socket headlamp tidak terpasang dengan benar yang mengakibatkan socket kotor.

Switch leleh

Switch yang leleh biasanya dapat kita rasakan saat mengoperasikannya. Switch yang leleh terasa seret saat megoperasikanya. Untuk gejala ini silahkan periksa di bengkel kepercayaan anda.

Relay mati

Cara mengetahui relay mati yaitu dengan cara memegang relay dengan menggunakan jari kemudian operasikan switch lampu utama dan pastikan pada saat mengoperasikan switch, relay akan berbunyi klik, dan terasa sedikit hentakan kecil di dalam relay. Jika hal ini tidak terjadi maka dapat disebabkan oleh 3 hal diantaranya switch bermasalah, kabel putus, relay mati. Nah jika anda ingin memastikan bahwa relaynya yang mati silahkan tukar relay tersebut dengan relay yang sama, kemudian ulang langkah awal tadi. Dan jika relay berbunyi klik, maka bisa jadi relay yang tadi sudah tidak berfungsi. Langkah selanjutnya yaitu membeli relay baru dan menggantinya.

Nah itulah beberapa penyebab lampu depan mobil mati dan cara mengatasinya. Cara di atas bisa dilakukan sendiri di rumah, akan tetapi untuk lebih amannya bisa dikerjaan di bengkel terpercaya. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung ditulis di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. Salam sukses. (mg2)

Sumber: ototroniktips.com

Facebook Comments