Radar Pendidikan

Kabar Gembira, Buku Alat Peraga SMP Mulai Didistribusikan

Buku Alat Peraga SMP Mulai Didistribusikan

AKTIVITAS – Prosesi launching buku alat peraga yang diresmikan langsung oleh Walikota Pekalongan Saelani Mahfudz SE bulan Mei lalu.
MALEKHA

KOTA – Buku alat peraga SMP yang dilaunching pada tanggal 2 Mei 2018, saat ini sudah mulai didistribusikan ke sekolah-sekolah. Karya setiap guru mapel SMP itu, sudah bisa mulai dipraktekkan di ruang kelas masing-masing sesuai dengan inovasi yang berada didalamnya.

Demikian disampaikan Koordinator Pengumpulan Alat Peraga SMP, Arti Rohjatmi di ruang kerjanya, Sabtu (28/7). “Bukunya memang saat ini belum diimplementasikan, karena baru masuk tahun ajaran baru. Namun sudah selesai kita distribusikan dan siap langsung action,” ungkap Arti.

Saat ini, ia mengimbau setiap sekolah mempunyai minimal 1 set buku yang terdiri dari 12 mapel. Sehingga semua karya inovasi yang dibuat oleh guru-guru SMP se Kota Pekalongan bisa terealisasikan dengan sempurna disetiap sekolah.

Karena buku ini adalah jawaban atas inovasi yang dibutuhkan oleh para guru dalam memberikan pembelajaran kepada para siswanya, sehingga materi yang disampaikan bisa lebih diserap, menarik dan tentunya membuat para siswa tambah bersemangat untuk belajar.

Banyak suka duka yang ia akui turut menyertai pada proses pembuatan buku peraga SMP, namun hal itu ternyata tak mampu menyurutkan semangat para guru-guru untuk senantiasa kompak dalam membuat hasil karya demi kemajuan pendidikan di Kota Pekalongan.

“Kalau bicara kesulitan pasti ada, apalagi jumlah guru yang ada di Kota Pekalongan ada 80 karya. Jadi bisa dibayangkan alat peraga yang ditulis itu sebayak apa. Dan bahkan satu mapel saja ada yang sampai ribuan halaman, untuk memadatkannya menjadi buku saja sudah ekstra kerja kerasnya,” terang Arti.

Ia berharap, buku ini bisa membantu para guru untuk memberikan inspirasi dalam mengajar, ada gambaran konkrit terkait suatu masalah yang harus dipecahkan secara bersama serta membuat pembelajaran makin aktif, kreatif dan efektif. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments