Kesehatan

Manfaat Minum Susu Cokelat untuk Penggila Olahraga

Jika Anda berpikir bahwa minuman berenergi dapat membantu mengembalikan tenaga setelah berolahraga, manfaatnya ternyata masih kalah dari susu cokelat.

Dilansir dari Indiatimes, Kamis (19/7/2018), susu cokelat mampu memperpanjang waktu olahraga hingga Anda benar-benar lelah, meningkatkan pengerahan tenaga, detak jantung. Susu cokelat juga bisa menjaga tingkat asam laktat dalam darah lebih sedikit dari minuman lain. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini.

Mereka yang meminum susu cokelat mampu berolahraga tanpa kelelahan hampir satu menit lebih lama dibandingkan dengan minuman bebas nutrisi. Sementara, dibandingkan dengan minuman berenergi, mereka mampu bertahan 6 menit lebih lama.

Dalam studi yang diterbiktan di European Journal of Clinical Nutrition, tingkat asam laktat dan indikasi pengerahan tenaga para peminum susu cokelat lebih sedikit daripada mereka yang mengonsumsi minuman plasebo.

Menurut Mike Saunders, Direktur Laboratorium KInerja Manusia di James Madison University Virgina, Amerika Serikat, seberapa baik susu cokelat bekerja dibandingkan minuman lain, juga tergantung dari alternatif yang dipertimbangkan.

“Sebagai contoh, air biasa tidak akan efektif dalam mempromosikan pengisian bahan bakar (karena kekurangan karbohidrat), perbaikan otot (karena kekurangan protein), atau rehidrasi (karena kandungan elektrolit yang rendah) dibandingkan susu cokelat yang memiliki ketiganya,” jelas Saunders yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Minuman energi tradisional memiliki karbohidrat dan elektrolit. Namun, biasanya tidak mengandung protein.

“Susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit, dan beberapa vitamin yang membuat minuman ini jadi pilihan yang baik untuk memulihkan atlet,” tulis Dr. Amin Salehi-Abargouei dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran.

Tergantung Jenis Olahraga

Saunders menambahkan, pilihan minuman terbaik juga tergantung dari individu dan latihan yang mereka lakukan.

“Seseorang yang menyelesaikan joging 20 menut mungkin disarankan untuk minum segelas air setelah berolahraga sehingga mereka tidak merusak tujuan memanajemen berat badan mereka dengan kalori yang tidak perlu,”kata Saunders.

“Tapi seorang pelari jarak jauh yang telah menyelesaikan lari 15 mil yang sulit dan memiliki sesi interval intensitas tinggi untuk melakukannya di pagi berikutnya, bisa mendapatkan manfaat dari minuman seperti susu cokelat.”

Sehingga, Salehi-Abargouei mengatakan, susu cokelat merupakan pilihan yang murah, lezat, dan enak untuk pemulihan dan memberikan efek yang sama atau lebih baik dibandingkan minuman energi komersial. (mg1)

Sumber: Liputan6.com

Facebook Comments