Internet

Bukan Hoax! 5 Fakta Smartphone Bisa Bikin Kamu Pikun

Kids jaman now memang kini gak bisa dipisahkan dari yang namanya smartphone. Bahkan, seringkali mereka mengabaikan imbauan seputar bahaya menggunakan smartphone berlebihan karena dianggap cuma hoax.

Padahal, sekarang ada faktanya lho! Berikut Jaka ulas lima fakta radiasi smartphone bisa bikin generasi muda pikun dini.

5 Fakta Smartphone Bisa Bikin Kamu Pikun

Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan ilmuwan di Swiss Tropical and Public Health Institute (Swiss TPH) sukses membuktikan kebenaran dari adanya bahaya radiasi smartphone lho! Jadi buat kamu yang selama ini masih kurang percaya sama berita simpang siur soal bahayanya smartphone, kini bisa lebih hati-hati karena ternyata, kamu yang berusia masih muda bisa mengalami pikun dini cuma gara-gara smartphone!

1. Radiasi RF-EMR

Penyebab utamanya tentu aja adalah radiasi. Ya, pancaran gelombang alias radiasi yang berasal dari smartphone bisa menyerang dan membahayakan otak penggunanya. Apalagi kalau kamu menggunakannya dalam jangka waktu lama atau secara terus-menerus.

Radiasi bernama RF-EMR adalah radiasi yang bisa kamu alami jika menggunakan smartphone secara berlebihan. Radiasi ini menyebabkan penampilan ingatan figural kamu rusak dan menurunkan kemampuan otak dalam mengingat bentuk-bentuk abstrak. Gak heran kalau generasi jaman now kini banyak yang mudah lupa dan jadi cenderung teledor.

2. 3G ke 4G ke 5G = Lebih Berbahaya

Perkembangan jaringan internet yang lebih cepat dan canggih tentunya dinantikan nyaris semua orang. Di Indonesia sendiri juga jadi salah satu negara yang menantikan masuknya jaringan 5G untuk bisa digunakan masyrakat. Meskipun pada kenyataannya, jaringan 4G sendiri penyebarannya belum terlalu merata di Indonesia.

Sayangnya, semakin canggih jaringannya ternyata malah memberi risiko lebih besar alias membahayakan kesehatan penggunanya lho. Penelitian Swiss TPH menyebutkan frekuensi 5G dirancang menggunakan frekuensi radio lebih tinggi yang mana gelombang sangat pendek 5G akan lebih mudah diserap kulit.

3. Sering Bertelepon di Telinga Kanan

Hasil penelitian Swiss TPH juga mengungkap fakta yaitu kecenderungan pengguna smartphone, terutama generasi muda, menggunakan smartphone di telinga bagian kanan entah untuk bertelepon ataupun aktivitas lain. Ternyata, hal itu sangat berpengaruh pada lebih cepatnya kerusakan ingatan!

Jaringan kulit dan otak yang ada di sebelah kanan ternyata lebih mudah menyalurkan gelombang yang dihasilkan dari radiasi smartphone. Hasilnya, dampak buruk radiasi tersebut semakin mudah menjangkit pengguna. Salah satu yang paling terlihat efeknya adalah penurunan fungsi otak dalam mengingat alias pikun di usia dini.

4. Risiko Tambahan Lain

Selain pikun dini, ternyata masih ada dampak lain yang bisa ditimbulkan oleh radiasi akibat penggunaan smartphone secara terus-menerus lho. Salah satu yang paling berbahaya adalah gejala dan serangan kanker. Ya, salah satu penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Selain kanker, berbagai penyakit dari yang ringan sampai berat semisal gangguan mata, iritasi kulit hingga insomnia alias susah tidur adalah beberapa gejala dan penyakit yang bisa kamu alami akibat penggunaan smartphone secara nonstop. Apalagi buat kamu yang suka banget gaming di smartphone.
5. Headphone = Penyelamat ?

Meski begitu, para peneliti Swiss TPH juga menemukan fakta yang bisa menjadi solusi untuk setidaknya mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan dari seringnya penggunaan smartphone. Salah satunya adalah dengan menggunakan headphone untuk berbagai aktivitas.(mg3)

Sumber : jalantikus

Facebook Comments