Metro Pekalongan

Biar Siap Saat hadapi Bencana, Relawan Dikirim ke Blado

Relawan Bencana

LEPAS – Sekda Kota Pekalongan yang juga Kepala BPBD, Sri Ruminingsih saat memberikan pengarahan di hadapan 70 relawan yang akan berangkat mengikuti pelatihan, Jumat (27/7).
M. AINUL ATHO’

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 70 relawan yang terdiri dari anggota tim SAR, relawan dan juga mahasiswa, diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan penanganan kebencanaan di wilayah Blado, Kabupaten Batang. Mereka dilepas langsung oleh Sekda Kota Pekalongan yang juga Kepala BPBD, Sri Ruminingsih dari Halaman Kantor BPBD, Jumat (27/7).

Para relawan akan mengikuti pelatihan selama tiga hari yakni sejak 27 Juli hingga 29 Juli. Mereka didampingi langsung oleh instruktur dari Brimob dan Kodim Pekalongan.

Dalam sambutannya saat melepas peserta pelatihan, Sekda Kota Pekalongan berpesan agar momen dan kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan maksimal oleh para relawan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam penanggulangan bencana. “Kami berpesan agar teman-teman bisa memahami apa yang diberikan dalam pelatihan sehingga dapat bergerak cepat turun membantu masyarakat jika terjadi bencana,” pesan Sekda.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan di Kota Pekalongan yang selama ini sudah banyak bergerak membantu Pemkot dalam penanggulangan bencana. Para relawan, kata Sekda, bergerak berdasarkan panggilan jiwa dan tidak mengharapkan imbalan. “Terima kasih teman-teman relawan yang selama ini sudah turun membantu dalam penanggulangan bencana,” ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Suseno menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya BPBD memberikan bekal ketrampilan dan meningkatkan kapasitas serta kemampuan para relawan di Kota Pekalongan.

“Tujuannya tentu meningkatkan kemampuan teman-teman dalam penanggulangan bencana, sehingga kedepan mereka dapat berpartisipaasi aktif dengan bekal kemampuan yang mumpuni untuk turut membantu penanggulangan bencana,” jelas Suseno. (nul)

Facebook Comments