Radar Pendidikan

Jangan Lihat Siswa dari Covernya Saja

Arti Rohjatmi

Arti Rohjatmi
Kepala SMPN 14 Pekalongan

Menilai seseorang, tak hanya cukup menilai dari bentuk luarnya. Karena tentunya tak ada akibat tanpa sebab. Itulah yang selalu menjadi pedoman Arti Rohjatmi, dalam menjalani perannya sebagai guru.

Ia tidak ingin menjudge siswanya hanya dari permasalahan yang ia muculkan, namun lebih ingin dicari kenapa si anak ini melakukan hal demikian.

“Selama ini mungkin kita sering melihat ya, ada siswa yang sering datang terlambat, atau lupa mengerjakan tugas atau masalah lainnya di sekolah. Namun kita jarang mencari penyebab dari sifat-sifat itu mucul dari mereka,” ungkap Arti.

Ketika ditelusuri, bisa jadi sebagai seorang guru akan lebih terenyuh mengetahui penyebab dari itu semua. Maka dari itu utamakan mencari penyebabnya untuk membantu mencarikan solusi.

“Ada anak yang sering datang terlambat, ternyata ketika pagi dia harus membantu berjualan orang tuanya terlebih dahulu, atau jaraknya dari rumah ke sekolah terlampau jauh dan tidaknya adanya fasilitas. Banyak sekali kemungkinan alasan yang harus kita kedepankan dalam memecahkan masalah,” ujarnya.

Ia berharap sebagai seorang guru, mampu menjadi teladan bagi para peserta didiknya. Bahwa tidak boleh hanya menilai seseorang dari kulit luar tanpa tahu seperti apa posisinya, sehingga kedepan bisa diambil langkah yang tepat untuk mencarikan solusi. (mal)

Facebook Comments