Radar Kajen

Bupati Ucap Syukur Cita-citanya Bakal Terwujud

Usai meresmikan pembangunan Gedung Metrologi, Kamis (26/7) siang, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, kembali meresmikan pembangunan Gedung Kantor Sekretariat Bersama di Jalan Mandurorejo Kajen. Seperti apa? M Hadiyan, Kajen

Bupati Ucap Syukur Cita-citanya Bakal Terwujud

PEMBANGUNAN GEDUNG – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menekan tombol yang terhubung dengan alat pemancangan paku bumi oleh Bupati Pekalongan, menandakan pembangunan Gedung Sekretariat Bersama telah dimulai, Kamis kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang terhubung dengan alat pemancangan paku bumi oleh Bupati Pekalongan, didampingi Sekda Mukaromah Syakoer, Kepala Bappeda dan Litbang Bambang Irianto, dan Kepala Dinas Perkim dan LH Trinanto selaku pelaksana proyek.

Usai melaksanakan ground breaking, Bupati menyampaikan ucapan syukur bahwasannya cita-cita untuk mendirikan kantor bersama dalam rangka untuk pelayanan publik akan segera terwujud. “Saya berharap pembangunan ini nantinya bisa tepat waktu dan tepat mutu. Karena dengan acara ground breaking ini kontrol publik saya buka seluas-luasnya. Untuk itu silahkan seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk mengawasi jalannya kegiatan yang dananya bersumber dari APBD ini,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan alasan pihaknya yang senantiasa melibatkan masyarakat dalam rangka pengawasan pembangunan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Menurutnya, karena pihaknya ingin, yang pertama adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa seluruh kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Pekalongan adalah menjunjung tinggi atas keterbukaan dan akuntabilitas.

“Yang paling penting nanti dari aspek pemanfaatan agar kegiatan yang dilakukan akan ramai, masyarakat bisa berinteraksi secara langsung. Karena di sinilah akan kita laksanakan mandat pemberdayaan kaum ibu dan anak-anak. Karena itu adalah representasi dari kemakmuran masyarakat. Jadi kalau ibu dan anaknya senang, maka insyaallah Kabupatennya juga akan senang. Oleh karena itu kita buatkan kantor yang megah dengan tata ruang yang memadai, terutama adalah interiornya. Sehingga ini bisa menjadi seperti daya dukung dari kegiatan ibu dan anak,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Trinanto Agus Maryono, dalam laporannya menyampaikan bahwa Gedung Kantor Sekretariat Bersama berdiri di atas lahan seluas 2.646 meter persegi, dengan bangunan yang akan didirikan seluas 2.001 meter persegi.

Dijelaskan Trinanto, anggaran pembangunan gedung kantor sekretariat bersama bersumber dari APBD Kabupaten Pekalongan Tahun Anggaran 2018, dengan nilai pekerjaan proyek sebesar Rp 4.984.499.000, dan akan dikerjakan selama 180 hari kalender.

Masih menurut Trinanto, kantor sekretraiat bersama ini nantinya akan dibangun 3 lantai, yakni basement, lantai I dan lantai II. “Rencananya lantai basement akan diperuntukan untuk parkir dan gudang. Lantai I akan dimanfaatkan untuk lobby, ruang PKK, ruang rapat, ruang perpustakaan, ruang Bunda Paud, ruang konsultasi, ruang display dan dapur. Sedangkan untuk lantai II direncanakan akan dimanfaatkan untuk aula utama, ruang rias dan lain-lain,” papar Trinanto. (*)

Penulis: Muhammad Hadiyan | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments