Radar Kajen

Awas, Kartu Habis-tak Terawat, Senpi akan Disita

Awas, Kartu Habis-tak Terawat, Senpi akan Disita

DIPERIKSA – Sejumlah anggota yang menggunakan Senpi tengah menjalani pemeriksaan di Aula Mapolres Pekalongan, kemarin.
TRIYONO

KAJEN – Guna mengantisipasi penyalahgunaan Senjata Api (Senpi) yang dipakai oleh anggota Polres Pekalongan dan Polsek Jajaran, Sipropam melakukan pemeriksaan. Pengecekan kelayakan dan surat Senpi dinas digelar di Aula Mapolres Pekalongan. Dari pemeriksaan ditemukan sejumlah senjata yang tak dirawat, dan adapula kartu Penetapan Senjata Api (Pas).

Pemeriksaan senjata api dilakukam mulai pukul 09.00 sampai 10.30 wib di Lobi Polres Pekalongan. Dalam pemeriksaan dilakukan secara bergantian dan pengguna juga harus menujukan Karti Pas yang diawasi langsung oleh Kasipropam Polres Pekalongan, Iptu Mustadi SH.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan Ipda Akrom menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan senpi dinas Polri milik perorangan dan Senpi Inventaris Dinas milik Polsek jajaran Polres Pekalongan dilakukam secara berkala. Dengan dipimpin oleh Kasipropam Polres Pekalongan Iptu Mustadi. Untuk pemeriksaan dilakukan oleh Kasiwas Polres Pekalongan Iptu Sudiyono, Anggota Sipropam Polres Pekalongan, Anggota Subbag Sarpras Bag Sumda Polres Pekalongan.

“Anggota yang pinjam pakai Senpi Dinas Polri dan anggota Polsek yang membawa Senpi dinas Inventaris juga wajib hadir untuk dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan oleh Subbag Sarpras Polres Pekalongan, dari puluhan pucuk Senpi Dinas Inventaris dan Senpi Inventaris Dinas Perorangan ada surat yang belum diperpanjang. Diantaranya terdapat satu Senpi milik Perorangan di gudangkan karena Kartu Pas Senpi Habis.

“Adapula Senpi yang kotor yaitu Senpi Inventaris dinas milik Polsek Bojong, Senpi Inventaris dinas milik Polsek Lebakbarang, Senpi Inventaris dinas milik Polsek Petungkriyono. Kemudian tiga pucuk Senpi Inventaris dinas milik Polsek Wiradesa, dan tiga pucuk senpi Inventaris dinas milik Polsek Karangdadap,” lanjutnya.

Sedangkan sejumlah Senpi yang didapati Kotor mendapat teguran Lisan dari Kasipropam dan diperintahkan untuk langsung membersihkan Senpi tersebut.

“Adapun Polsek yang belum mengikuti giat Gaktiplin dengan sasaran Senpi Inventaris Dinas antara lain Polsek Talun, Polsek Paninggaran, Polsek Kedungwuni,” imbuhnya.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments