Radar Pendidikan

Wow, TK Ini Terapkan Pembelajaran Bermodel Scientific

Wow, TK Ini Terapkan Pembelajaran Bermodel Scientific

ISTIRAHAT – Suasana istirahat siswa TK Muslimat NU Karanganyar, Tirto.
EKA ISDITYA

TIRTO – Tak hanya dalam pendidikan di tingkat sekolah, pembelajaran scientific atau bersifat ilmiah juga kini mulai dikenalkan di sekolah tingkat pra dasar atau Taman Kanak-Kanak. Demikian pula yang diterapkan di Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU Karanganyar Tirto.

Terdapat beberapa kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada siswa dengan pendekatan yang lebih intens terhadap hal-hal yang bersifat ilmuah.

“Misalnya seperti kemarin kami kunjungan ke Cimory untuk melihat bagaimana proses pembuatan susu disana,” tutur Kepala TK Muslimat NU Karanganyar, Limifrohah SPd AUD.

Dalam setiap puncak tema, pihaknya selalu memaksimalkan kegiatan sebab saat itulah para siswa akan melakukan praktik secara langsung dalam serangkaian kegiatan pembelajaran.

“Anak usia TK tentu berbeda, porsinya belajar dan bermain. Jadi untuk puncak tema seperti ke Cimory tersebut sekalian untuk rekreasi,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut para siswa tidak hanya melihat dan mempraktikkan kegiatan dalam usaha pengolahan susu, namun juga menikmati suasana alam di daerah Ambarawa Jawa Tengah tersebut.

Seperti diketahui, TK Muslimat NU Karanganyar telah menerapkan Kurikulum 2013 (Kurtilas) sebagai model belajar bagi siswanya. Kegiatan secara berkelompok dan bersifat tematik menjadi suasana yang rutin terlihat dalam kegiatan belajar mengajar di TK Muslimat NU Karanganyar. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments