Otomotif

[LENGKAP] Cara Melepas dan Memasang Ban Motor yang mudah dan benar

Salam sejahtera dan welcome di tulisan kami, pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi kepada kalian tentang cara melepas dan memasang ban motor yang mudah dan benar. Dan pada umumnya, kalau kita mengganti ban motor keseringan kita menyerahkan ini kepada mekanik di bengkel yang biasa kita datangi. Dan apakah kalian pernah bertanya, bagaimana kalau melepas dan memasang ban motor dilakukan sendiri karena suatu hal kalian tidak menemukan bengkel atau lokasi bengkelnya jauh.

Dan bagi yang pertama melakukan hal ini tentunya melepas dan memasang ban motor terasa cukup sulit, ya namanya juga masih amatiran. Tentunya berbeda kalau sudah sering melakukan ini. Dan karena beberapa hal Otomotif Handy menulis artikel ini agar dapat membantu kalian, here we go:

Cara Melepas dan Memasang Ban Motor Yang Benar
Ban sepeda motor yang paling luar biasanya yang sudah gundul alias sudah halus maka dapat membuat khawatir si pengendara karena ketika berkendara ini bisa membahayakan karena bisa licin sekali. Maka dari itu ban yang sudah gundul atau batik bannya sudah hilang maka simaklah uraian berikut ini agar tetap menjaga keselamatan:

Persiapkan Peralatan dan Bahannya
.Ban motor yang bagian luarnya dengan spesifikasi harus sama dengan vel motor kalian. Pada umumnya ban motor memiliki ukuran : motor bebek 70/90=17, motor matic 70/90=14 dan motor sport 275-18.
.Siapkan juga kunci ring dengan ukurang 12, 14, 17, 19 atau 22.
.Sendok ban yang berfungsi untuk dapat melepaskan ban luar
.Kunci pentil agar dapat memudahkan saat membuka pentil penutup ban
.Pompa angin agar dapat mengisi kembali angin di ban
.Tang

Harap juga diperhatikan bahwa ketika ambil pen di as roda motor. Bahwa pada umumnya tidak semua as roda motor dilengkapi dengan pen. Berikut ini ada tata caranya:

.Cara ini dimulai dengan menstandar tengah motor agar ketika sedang melepas dan memasang ban motor bisa lebih mudah.
.Pakailah dengan menggunakan kunci ring yang sama dengan ukuran baut dan mur as roda motor. Seetelah selesai, maka tariklah roda serong ke bawah agar dapat melepaskannya.
.Dilanjutkan dengan membuka pentil ban agar angin di dalam ban dalam bisa keluar. Dengan ini maka prose mengeluarkan ban bisa lebih mudah dilakukan.
.Kemudian lepaskan ban luar motor dengan cara menyongkel dengan menggunakan sendok ban. Lalu tinggal tarik dengan diurut lingkaran bannya dengan bertahap dan perlahan sampai semua terlepas.
.Agar velg motor tidak lecet upayakan kasih alas di velg motor dengan kain ketika melepaskan ban luar.
.Diperhatikan juga saat akan memasang ban luar yang baru ke vel motor , berikanlah air sabun di hillnya terlebih dulu agar licin dan mudah dipasang.
.Ketika ban dalam motor akan dimasukkan ke dalam ban luar maka berikanlah bedak agar ban dalam dan ban luar motor tidak menjadi lengket.
.Setelah selesai memasang ban luar dan ban dalam ke velg motor dengan benar, harap diperhatikan pada sendok ban jangan sampai melukai ban dalam sehingga terhindar dari lecetnya ban dalam yang bisa jadi bocor.
.Setelah selesai, sekarang tinggal mengisi angin. Standar tekanan angin pada ban motor adalah sekitar 20-30 psi.
.Lalu, pasang kembali roda ban kembali ke dudukan ban motor. Pasanglah mur dan buat dengan benar dan kencang.
.Well done, silahkan dicek dengan melakukan test drive.

Itulah penjelasan yang sudah Otomotif Handy berikan kepada kalian semua, maksud dari artikel ini adalah dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan juga kalian yang sedang akan melepas dan memasang ban motor dengan benar. Selanjutnya, kami akan membagikan tips yang lainnya mengenai apa saja tentang Otomotif. Cukup demikian dan terimakasih. (mg2)

Sumber: handy.co.id

Facebook Comments