Metro Pekalongan

Biar Tak Ada PJU Liar, PLN akan Minta Ini Pada Pengembang Perumahan

Joko Hadiwidayat

Joko Hadiwidayat
Manajer Area PLN Pekalongan

KOTA PEKALONGAN – PLN Area Pekalongan akan mendorong pengembang perumahan, untuk turut serta dalam membangun Penerangan Jalan Umum (PJU), di wilayah perumahan yang akan dibangun. Program tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya pengadaan PJU secara ilegal oleh masyarakat. Program tersebut sudah diawali dengan pemberian sosialisasi kepada sejumlah pengembang perumahan.

“Dalam waktu dekat sudah ada pengembang yang setuju untuk membangun PJU di perumahan yang akan dibangun. Mereka sudah setuju membangun dua PJU yang nantinya akan diserahkan ke masyarakat untuk pengelolaannya. PJU akan menggunakan sistem listrik pra bayar sehingga untuk menjalankannya warga di sekitar hanya perlu mengisi pulsa. Tarifnya tidak tinggi dan kami yakin masyarakat bisa menanggung secara swadaya,” tutur Manajer Area PLN Pekalongan, Joko Hadiwidayat.

Pengadaan PJU oleh masyarakat secara ilegal, dikatakan Joko masih terjadi. Dimana masyarakat hanya memasang lampu namun sumber dayanya mencantol pada listrik yang sudah ada. Saat ini PLN sudah menerjunkan tim untuk pendataan ke titik-titik PJU ilegal yang dibangun sendiri oleh masyarakat.

Untuk merubahnya, sudah ada beberapa program yang disiapkan. Selain menggandeng pengembang perumahan, PLN juga sudah bekerjasama dengan warga di wilayah Kalipucang, Batang, yang membangun dan mengelola PJU secara mandiri namun resmi. Program tersebut, kata Joko, akan direplikasi ke sejumlah wilayah lain bekerjasama dengan pemerintah setempat.

“Disana pemasangan baru baik biaya maupun pengadaan infrastruktur menggunakan anggaran dana desa. Infrastruktur yang disiapkan seperti tiang dan beberapa lampu itu dibiayai dengan dana desa. Selanjutnya, rekening disampaikan ke Pemda setempat dan Pemda yang membayar setiap bulannya,” tandasnya. (nul)

Facebook Comments