Radar Pendidikan

Jadilah Guru Bermartabat dan Berwibawa

Nur Husniyati SPd, Ketua K3S Wonopringgo

Nur Husniyati SPd, Ketua K3S Wonopringgo

WONOPRINGGO – Seorang guru hendaknya memiliki martabat dan wibawa, agar bisa diteladani oleh siswa.

Hal itulah yang selalu ditekankan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Wonopringgo, Nur Husniyati SPd. Menurutnya, guru adalah sutradara kelas yang harus mengetahui cara mengelola proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sehingga bisa menyenangkan dan ramah anak.

“Karena kita masih diberikan kepercayaan oleh pemerintah sebagai seorang guru, maka jadilah guru yang baik, bermartabat, dan berwibawa. Guru harus mampu memberikan inovasi dalam pembelajaran sehingga anak-anak senang untuk belajar,” ujar perempuan yang akrab disapa Husni.

Selain itu, Husni menyampaikan bahwa seorang guru harus menguasai ilmu didaktik metodik dan mengetahui karakteristik setiap anak. Pendekatan personal juga harus diterapkan agar memahami kelebihan dan kekurangan setiap anak, sehingga tidak terjadi diskriminasi dalam pendidikan.

Dijelaskan, Husni menjadi kepala di SDN 01 Wonorejo sejak 2015 ketika sekolah dimerger dengan SDN 03 Wonorejo. Dia mengaku mendapatkan tantangan dan kewajiban untuk memadukan dua sekolah yang berbeda, baik siswa maupun gurunya. Perempuan asli Rowokembu ini telah berpengalaman mengajar sejak 1982. Husni pernah menjadi kepala sekolah di beberapa tempat, diantaranya SDN 03 Legokgunung, SDN 01 Sastrodirjan, SDN 01 Rowokembu, dan SDN 01 Pegaden.

“Pemahaman manajemen sekolah yang saya tahu, saya coba terapkan di sini. Mendidik dan mengajar itu harus berjalan seiringan, karena sekolah adalah produk pelestarian budaya dan nilai luhur. Mendidik dengan penerapan nilai moral dan mengajar dengan pentransferan ilmu,” tandasnya.

Husni berharap SDN 01 Wonorejo bisa tetap eksis dan bersaing dengan sekolah lain, sehingga tidak perlu dimerger seperti sebelumnya. Dirinya juga berharap sekolah ini mempunyai output yang bagus, yakni lulusan mempunyai bekal keimanan, ketakwaan, dan keilmuan yang bagus. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments