Metro Pekalongan

Sekolah Dilatih Susun E-Anggaran Penyusunan Belanja Sekolah

E-APBS

PELATIHANS – Para peserta pelatihan sedang mencoba melakukan uji sistem sesuai dengan intruksi dari pemateri.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 28 sekolah SD dan SMP mengikuti pelatihan E-APBS (Anggaran Penyusunan Belanja Sekolah). Pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu perencanaan anggaran.

Demikian disampaikan Panitia Kegiatan, Adi Usnan, kepada Radar Pekalongan si Aula Dindik Kota Pekalongan, Rabu (25/7). “Ini pelatihan perdana untuk E-APBS. Jadi memang hanya sekolah-sekolah piloting dulu yang diundang,” ungkap Adi.

Sistem E-APBS ini bertujuan untuk memudahkan sekolah dalam merencanakan anggaran belanja sekolah secara tepat dan mengarahkan pada kegiatan-kegiatan yang direkomendasikan.

“Jadi sistem ini berdasar dari rapot sekolah yang keluar dari Kemendikbud, disana kan dibahas detail apa saja evaluasi sekolahnya. Bahkan juga merekomendasikan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan oleh sekolah, jadi nanti penggunaan anggaran benar-benar tepat sasaran,” imbuhnya.

Selain itu, dengan penggunaan sistem E-APBS ini mengefisienkan waktu laporan keuangan, baik dari sekolah ke Dindik, maupun Dindik ke Pemkot, berlanjut hingga keatasnya.

“Sistem ini kan nanti akan berpusat di Dindik ya, dan sifatnya bisa di akses dimana saja. Dengan seperti ini anggaran sekolah bisa lebih transparan, akuntable serta mudah untuk melakukan perbaikan dan mengefisienkan waktu,” ujar Adi.

Sementara itu, Kepala SD PW 1, Tri, yang juga mengikuti pelatihan merasa terbantu dan senang dengan adanya sistem aplikasi E-APBS. Karena sebelumnya masih manual dan belum disinkronkan dengan format BOS.

“Sekarang aplikasinya lebih mudah ya, apalagi sudah sesuai format BOS. Jadi benar-benar membantu kita dalam melakukan perencanaan anggaran sekolah, sehingga bisa diguankan secara tepat dan transparan,” pungkas Tri. (mal)

Facebook Comments