Otomotif

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN BUSI MOTOR SENDIRI

Pada kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta cukup rawan jika musim hujan datang. Mengapa? Karena padatnya perkotaan dapat membuat air hujan meluap hingga tidak tertampung lagi dan menyebabkan banjir. Bagi pengendara motor yang melewati banjir harus berhati-hati, karena mesin motor bisa mogok. Selain itu, busi yang sudah tidak lama dibersihkan juga akan menggangu performa mesin pada saat berkendara.

Salah satu penyebab motor mogok adalah busi yang basah akibat berkendara di jalan raya yang penuh dengan genangan air. Busi yang basah karena air akan menggangu proses pembakaran mesin, sehingga motor susah untuk dihidupkan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan seperti ini, sebab busi yang kotor atau basah bisa dibersihkan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel. Caranya pun tergolong sangat mudah bagi orang yang tidak begitu paham tentang mesin sekalipun. Penasaran bagaimana caranya?

Bagaimana caranya membersihkan busi sendiri?

1. Lepas busi dari tempatnya
Pada beberapa jenis motor, tahap ini biasanya sulit dilakukan. Perlu diingat saat melepas busi jangan sampai Anda menarik kabel, karena bisa mengakibatkan kop busi yang akan putus. Bagi pengendara motor yang baru saja melewati jalanan basah, jangan lupa tutup lubang busi dengan kain kering yang bersih. Biasanya pada setiap motor akan diberikan kunci busi yang bisa dibawa kemana saja, agar memudahkan pengguna untuk mengganti busi.
Fungsi kunci busi ini adalah untuk memudahkan kita dalam melepas busi. Jika Anda tidak punya, kunci busi bisa dapat dibeli di pasaran.

2. Rendam busi
Rendamlah busi pada wadah yang sudah diisi bensin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel pada busi akan lebih mudah dibersihkan.

3. Gunakan sikat kawat
Sikat kawat ini sangat efektif untuk menyingkirkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada busi. Anda juga tidak boleh lupa bahwa menggosok menggunakan sikat kawat hanya boleh di tempat yang terlihat kotor saja, karena jika tidak akan membuat permukaan busi yang tidak kotor menjadi lecet. Anda juga bisa membersihkan busi dengan menggunakan sikat gigi dan juga lap kering, tetapi waktu yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan menggunakan sikat kawat.

4. Keringkan busi
Ketika Anda merasa busi sudah cukup bersih, keringkan dengan menggunakan lap bersih dan kering, atau jika dirasa perlu Anda bisa menggunakan compressor bertekanan tinggi agar sisa-sisa kotoran kecil yang tidak kasat mata bisa tertiup.

Sebelum memasang busi pada tempatnya, lakukan pembuangan uap air yang mungkin masih tersisa di lubang besi atau mesin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak mencabut kain yang digunakan untuk menutup lubang busi, lalu coba nyalakan motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off. Lakukan pengulangan agar sisa-sisa air bisa keluar sampai bersih.

5. Pasangkan kembali busi
Pada saat pemasangan kembali busi, jangan memasukkan busi secara paksa, karena jika memang letaknya pas busi akan terpasang dengan mudah. Jika Anda kesulitan dalam memasang kembali busi, Anda bisa mencari posisi lain yang tepat untuk memasukkan busi. Lalu langkah terakhir adalah tutup kop busi dengan benar dan pas. (mg2)

Sumber: deltalube.com

Facebook Comments