Radar Kendal

6 Calon Haji Meninggal Sebelum Sempat Berangkat

6 Calhaj Meninggal sebelum Sempat Berangkat

DILEPAS – Sebanyak 1.071 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Kendal tahun 2018 dilepas Sekda Kendal di Pendopo Pemkab, Selasa (24/7).
NUR KHOLID MS

KENDAL – Sebanyak 1.071 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Kendal tahun 2018 dilepas Sekda Kendal di Pendopo Pemkab, Selasa (24/7). Mereka terbagi ke dalam empat kloter, Yakni 83, 84, 85 dan 86.

Sedianya, total rombongan calhaj dari Kabupaten Kendal tercatat 1.077 orang. Namun dalam perkembangannya ada 6 yang meninggal dunia, sehingga tersisa 1.071 jamaah.

Dalam kesempatan itu, Sekda Moh Toha berpesan pada Calhaj agar menunaikan ibadah haji dengan tulus ikhlas dan hati yang bersih. Menjaga kondisi fisik dan psikis, karena kondisi iklim dan cuaca di tanah suci berbeda dengan di tanah air. Selama di tanah suci, jamaah juga bisa menjaga kekompakan, kebersamaan dan saling membantu.

“Jangan lupa mendoakan agar Kabupaten Kendal semakin maju, aman dan dijauhkan dari becana dan musibah. Semoga seluruh Calhaj, khususnya yang dari Kendal akan diberi kesehatan, kelancaran dan selamat sampai tujuan dan setelah pulang akan menjadi haji mabrur dan mabruroh,” kata dia.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kendal, H Zainudin, mengatakan, sesuai peraturan Dirjen Nomor 148 Tahun 2018, calon jamaah yang meninggal bisa digantikan oleh ahli warisnya, asal memenuhi syarat dan bisa melengkapi seluruh persyaratan.

“Dari enam orang yang meninggal, sementara baru ada dua orang ahli waris yang sudah mengurus persyaratan penggantian, satu orang tidak bisa diganti karena ahli warisnya masih kecil atau belum cukup umur, sedangkan lainnya masih proses,” kata dia.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kendal, M Rozi, selaku panitia Pelepasan Calon Jamaah haji Kendal, mengatakan, untuk Kloter 83 sebanyak 287 orang akan diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Kendal tanggal 10 Agustus 2018 pukul 7.00 pagi. Kemudian Kloter 84 sebanyak 355 orang akan diberangkatkan 10 Agustus 2018 pukul 10.00 pagi.

Sedangkan Kloter 85 sebanyak 355 orang akan diberangkatkan tanggal 11 Agustus 2018 pukul 2.00 dini hari. Selanjutnya Kloter 86 sebanyak 80 orang akan diberangkatkan pada pukul 12.00 siang di tanggal yang sama.

“Dalam hal pemberangkatan haji, kewajiban Pemkab menganggarkan untuk biaya transportasi keberangkatan menuji Asrama Haji Donohudan, konsumsi dan pengamanan,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments