Radar Pendidikan

Patut Ditiru, Sekolah Ini Ajak Siswa Biasakan Salat Dhuha

6 - MIS Kuripan Lor Ajak Siswa Biasakan Salat Dhuha (1)

DHUHA BERSAMA – Siswa siswi MIS Kuripan Lor saat melaksanakan salat dhuha bersama di halaman sekolah usai doa pagi. Salat dhuha bersama dilaksanakan setiap Senin hingga Kamis.
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Tak hanya mengajarkan ibadah wajib bagi siswanya, MIS Kuripan Lor juga memiliki program untuk mengenalkan dan membiasakan ibadah sunah bagi siswa siswinya. Salah satu ibadah sunah yang rutin dilaksanakan di sekolah tersebut yakni salat dhuha bersama. Setiap Senin, Selasa, Rabu dan Kamis, siswa siswi diajak salat dhuha bersama di halaman sejahtera sebelum mulai belajar.

Kepala MIS Kuripan Lor, Thoyibah, mengatakan kegiatan salat dhuha bersama dilaksanakan usai doa pagi bersama di halaman sekolah. Siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 diminta membawa peralatan salat masing-masing untuk melaksanakan salat dhuha bersama sesuai jadwal yang telah ditentukan yakni Senin hingga Kamis.

“Tujuannya tentu saja untuk mengenalkan siswa, bahwa selain ibadah wajib juga ada ibadah sunah dan membiasakan siswa. Sehingga harapannya tidak hanya saat di sekolah, tapi salat dhuha juga dikerjakan di rumah masing-masing ketika sudah terbiasa melaksanakannya di sekolah,” tuturnya.

Ia menyatakan, kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin di MIS Kuripan Lor. Sekolah juga berusaha konsisten untuk menerapkannya di setiap tahun ajaran. Pembiasaan salat dhuha menjadi bagian pendidikan akhlak agar anak dapat semakin mendekatkan diri pada Allah melalui ibadah-ibadah lain diluar ibadah wajib.

“Ibadah wajib sudah menjadi keharusan dan terus kami tekankan kepada siswa agar jangan sampai meninggalkannya. Namun kami juga mengajak agar siswa juga mengetahui apa saja ibadah sunah yang dapat mereka kerjakan sehingga diharapkan siswa semakin giat beribadah dan ketika sudah menjadi kebiasaan dapat juga menerapkannya di rumah masing-masing,” tandasnya. (nul)

Penulis: M Ainul Atho | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments