Radar Kajen

Anggota TNI Lakukan Penyemprotan Massal, Ada Apa ?

Anggota TNI Lakukan Penyemprotan Massal, Ada Apa

BRANTAS WERENG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 05/Kesesi bersama dengan PPL dan petani melakukan penyemprotan massal hama wereng di area persawahan Dukuh Grejo, Desa Krandon, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/7).
MUHAMMAD HADIYAN

MUSIM kemarau panjang membuat banyak lahan sawah dilanda kekeringan. Selain kekeringan, hama wereng juga mengancam kegagalan dalam musim panen nanti.

Untuk mengurangi risiko kegagalan panen akibat hama wereng, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 05/Kesesi bersama dengan PPL dan petani melakukan penyemprotan massal hama wereng di area persawahan Dukuh Grejo, Desa Krandon, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/7).

Penyemprotan massal dilakukan guna mencegah berkembangnya hama wereng yang disinyalir banyak menyerang area persawahan di Desa Krandon, Kecamatan Kesesi tersebut.

Danramil 05/Kesesi Kapten Inf Parman yang juga ikut terjun langsung kelapangan mengatakan, penyemprotan dilakukan secara masal agar hama wereng tidak berkembang. Karena apabila hama tersebut tidak segera diatasi, maka akan dapat mengakibatkan gagal panen.

“Jika hama wereng yang menyerang padi tersebut tidak cepat diatasi maka petani bisa gagal panen,” ujarnya.

Menurutnya, penyemprotan sendiri dilakukan pada waktu pagi hari, dan memilih waktu yang tepat guna menghindari cuaca hujan, agar hasil lebih maksimal.

“Kami melakukan penyemprotan insektisida ini di waktu pagi dan kondisi cuaca cerah. Sebab bila dilakukan saat mendung ataupun hujan, kami khawatir insektisida tersebut akan larut oleh air hujan dan hasilnya tidak maksimal terhadap hama wereng,” tandasnya.

Pihaknya berharap dengan pendampingan ini, masyarakat akan lebih semangat dalam bertani serta bisa membawa manfaat yang lebih baik lagi, terutama dalam mendukung program pemerintah yaitu terciptanya swasembada pangan. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments