Gadget

5 Aplikasi ini bisa bantu awasi anak saat bermain ponsel pintar

Anak dan gadget kerap kali menjadi isu yang tak ada habisnya untuk dibahas oleh para orangtua. Sebagian menilai bahwa anak-anak tidak sepatutnya bermain gadget. Di sisi lain, tak sedikit pula orangtua yang tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Pada dasarnya, melihat perkembangan teknologi saat ini, ‘memisahkan’ anak dengan gadget bukanlah perkara mudah. Laiknya televisi, gadget juga memiliki efek ‘membius’. Ditambah lagi, toh, terkadang para orangtua sendiri, yang mana menjadi contoh bagi anak-anaknya, justru lebih sibuk dengan gadgetnya daripada memperhatikan sang anak.

Melihat permasalahan tersebut, pengembang aplikasi kemudian berusaha memberikan solusi. Mereka merancang aplikasi yang mana mampu memonitor atau mengawasi anak saat menggunakan gadget. Diharapkan, dengan adanya aplikasi terebut, orangtua kini tak perlu risau lagi jika sang anak bermain gadget.

1. Kid Mode.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Zoodles. Di dalamnya terdapat beberapa game edukatif untuk anak usia 3-7 tahun. Di samping itu, Kid Mode juga memiliki fitur Library of Classic Storybooks! yang menyediakan berbagai buku cerita, Paint yang dapat digunakan untuk menggambar, dan Lock yang berfungsi untuk mengunci aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak sesuai untuk anak.

2. Phone Control.

Jika kamu orangtua yang benar-benar paranoid dengan perilaku anak saat menggunakan ponsel pintar, maka aplikasi ini dapat menjadi pilihan. Phone Control bisa memonitor semua kegiatan di gadget yang digunakan anak, mulai dari pesan yang masuk dan keluar, telepon, foto, dan lokasi. Ditambah lagi, kamu tak perlu khawatir jikalau anakmu tahu bahwa ia sedang diawasi. Sebab, aplikasi ini hanya bisa diakses melalui menu setting application.

3. Norton Family Parental Control.

Aplikasi ini dibuat oleh developer anti virus ternama, Norton. Ia dapat mentracking dan melaporkan situs apa saja yang diakses oleh anak sekaligus memblokir situs dengan kata kunci yang sebelumnya telah diatur. Norton Family Parental Control ini juga mampu memantau dengan siapa saja anak berkomunikasi dan segala aktivitasnya di media sosial, sehingga dapat mengantisipasi dari kejadian cyberbullying.

4. Kakatu Parental Control.

Ini adalah salah satu aplikasi parental control terbaik buatan Tanah Air yang berdiri sejak 2014. Dengan aplikasi ini, orangtua dapat memonitor dan mengontrol perilaku anaknya saat menggunakan ponsel pintar di manapun dan kapanpun. Selain itu, Kakatu Parental Control juga memiliki panduan respon orangtua untuk berkomunikasi dengan anak.

5. Screen Time Parental Control.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur pengaturan waktu. Pengaturan waktu tersebut tidak hanya untuk penggunaan ponsel pintar yang bersangkutan secara umum, tapi juga mengatur batas waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu dan game.(mg3)

Sumber : jalantikus.com

Facebook Comments