Radar Kendal

Miris, 10 Tahun Kondisi Jalan Ini Rusak dan Gelap

Jalan Rusak

RUSAK PARAH – Jalan Raya Kedungsuren di Desa Kedungsuren, Kaliwungu Selatan, kondisinya rusak parah dan saat malam hari gelap gulita. Warga berharap diperbaiki.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Kondisi ruas Jalan raya Kedungsuren di Desa Kedungsuren, Kaliwungu Selatan, diketahui rusak parah. Ironisnya, kondisi itu diakui warga telah berlangsung selama kurang lebih 10 tahun ini.

Kerusakannya juga terjadi merata sepanjang 3 kilometer. Padahal, jalur tersebut menjadi akses penting yang menghubungkan beberapa desa. Tidak hanya rusak, Jalan Raya Kedungsuren juga tercatat minim penerangan, sehingga saat malam menjadi gelap dan kurang terlihat pengguna jalan.

Kepala Desa Kedungsuren, Tukrin, mengatakan, diperkirakan kerusakan jalan sudah lebih dari 10 tahun. Pihak desa sudah beberapa kali mengajukan permohonan perbaikan, tetapi hingga kemarin belum terealisasi.

“Jalan itu akses warga tiga desa, yakni Kedungsuren, Sidomakmur, dan Jerukgiling. Itu merupakan jalan terdekat menuju Kaliwungu ke arah Boja,” kata dia, Senin (23/7).

Tukrin, mengungkapkan, informasi yang ia terima, jalan tersebut akan diperbaiki tahun ini, tetapi dirinya belum mengetahui kapan pelaksanaannya. Menurut rencana, perbaikan itu akan dimulai dari jembatan pelengkung ke arah timur hingga tugu batas Desa Kedungsuren.

“Sudah pernah ditinjau Ketua DPRD Kendal dan berupaya bisa menganggarkan melalui anggaran pemkab. Begitu pula anggota DPR RI Fadholi akan membantu mengajukan anggaran ke pemerintah pusat,” timpal dia.

Kepala Desa Jerukgiling, Abadi, menambahkan, ruas jalan Kedungsuren dari Darupono hingga Sidomakmur panjangnya sekitar enam kilometer dengan lebar empat meter. Kondisi jalan yang rusak parah sekitar tiga kilometer. “Seingat saya, terakhir kali diperbaiki pada 2005. Setelah itu belum pernah tersentuh perbaikan,” kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiyono, mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengajukan anggaran di APBD Perubahan 2018 dan rencana kerja APBD 2019 untuk perbaikan jalan tersebut. (nur)

Facebook Comments