Radar Pendidikan

Ajari Sempurnakan Sholat, Tambah Mulok Fasholatan

MIS Tegal Rejo

BELAJAR – Suasana belajar mengajar di kelas 6 dan 1 Mis Tegal Rejo Buaran Pekalongan.
MALEKHA

MIS Tegal Rejo

Menyempurnakan sholat menjadi satu syarat wajib seorang muslim agar sholatnya diterima oleh Allah, oleh karena itu MIS Tegal Rejo memberikan mulok khusus untuk mengajarkan sholat secara sempurna yaitu Fasholatan.

Demikian disampaikan Kepala Mis Tegal Rejo, Ayatillah Laela Madina, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Senin (22/7). “Ini sudah tahun kedua kami memberikan tambahan mulok Fasholatan, alhamdulillah cukup bagus responnya dari anak-anak maupun orang tua,” ungkap Ela sapaan akrabnya.

Mulok ini muncul, sebagai jawaban atas usulan dari masyarakat untuk lebih memperbaiki sholat anak-anaknya. Karena sholat menjadi pondasi penting dalam beragama.

“Anak-anak kan sering ya, sholatnya kurang sempurna padahal ketika kita meninggal yang pertama kali ditanya adalah sholat yang kita kerjakan,” imbuhnya.

Fasholatan ini membahas secara lengkap bagaimana tata cara sholat, mulai dari thoharoh, wudhu secara sempurna, sholat sampai dengan berdzikir usai sholat.

“Kita mengajari lengkap ya, sesuai dengan ahlusunnah wal jamaah, jadi nanti tidak ada lagi anak-anak yang wudhunya tidak sempurna, sholatnya tidak tertib dan lain sebagainya,” terang Ela.

Selama ini, pembahasan mengenai tata cara sholat dan perangkatnya ia akui hanya pada meteri fiqih, padahal didalam fiqih sendiri materinya banyak sehingga seadanya untuk mengupas sholat.

“Kita terapkan mulok ini mulai dari kelas 1, nanti kita sesuaikan materi disetiap jenjangnya. Misalnya kelas 1 masih dalam pembahasan niat, maka akan terus kita kupas habis tentang niat, jadi nanti mereka faham sampai detai tentang bab niat,” ujar Ella.

Dengan mulok tambahan ini ia berharap, bahwa siswa-siswi MIS Tegal Rejo setelah lulus dari sekolah benar-benar menguasai bab sholat dari detail persiapan sampai berdzikirnya. Hal ini tentunya menjadi pondasi awal untuk mereka menjalani hidup sebagai hamba Allah. (mal)

Facebook Comments