Otomotif

Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam

Bagi anda pemilik mobil, tentunya akan sangat mengesalkan bila pada bodi mobil anda terdapat goresan-goresan, mulai dari goresan kecil hingga besar. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu tampilan dari bodi mobil anda. Belum lagi jika hal itu terjadi pada mobil anda yang masih baru. Banyak hal yang menyebabkan mengapa goresan-goresan tersebut dapat terjadi pada mobil anda, misalnya saja karena ranting tanaman atau pohon, tangan-tangan usil, goresan lap kasar, terkena kerikil sepanjang perjalanan, dan masih banyak lainnya.
ads

Sebenarnya menghilangkan baret pada bodi mobil ini gampang-gampang susah, apalagi bagi anda yang masih baru di dunia otomotif. Namun bila anda mengetahui cara pasti untuk menghilangkan goresan ini. Anda bisa menghilangkan goresan-goresan tersebut sendiri tanpa harus membayar jasa profesional. Sebelum anda mengetahui cara mudah menghilangkan goresan, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu macam-maca goresan yang bisa terjadi pada mobil anda.

1. Goresan Ringan

Jenis goresan ini biasanya tidak akan mengenai lapisan cat. Hal ini biasanya disebabkan karena goresan kuku ataupun terkena goresan lap yang permukannya kasar. Untuk menghilangkan jenis goresan ini, anda tak perlu repot-repot. Cukup gunakan produk-produk pemoles seperti wax, kompon, stratch remover, atau swrill remover. Cuklup oleskan pada bagian yang terdapat goresan lalu gosok hingga berulang kali. Agar hasilnya lebih sempurna, anda bisa menggunakan cairan polish di akhir proses pemolesan.

2. Goresan Sedang

Biasanya jenis goresan ini sudah sampai pada cat dasar mobil. Hal ini bisa saja terjadi diakibatkan tangan-tangan usil, kawat, ranting pohon, dan lainnya. Untuk menghilangkan jenis goresan ini tentunya anda harus membersihkan permukan bodi mobil yang tergores menggunakan wax dan grease remover. Barulah anda bisa melakukan pengecatan pada mobil yang terkena goresan.

3. Goresan Dalam

Jenis goresan ini lebih parah dibandingkan jenis-jenis goresan sebelumnya. Jika goresan ini terjadi pada mobil anda, maka sudah dapat dipastikan bila goresan tersebut sudah menembus pada lapisan cat dasar mobil bahkan mengenai material logam bodi mobil. mengecat mobil anda kembali tentunya tidak direkomendasikan. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengamplas pada bagian tersebut beberapa kali, kemudian barulah anda mengecat bodi mobil anda tersebut yang sudah dicampurkan dengan thinner yang berkualitas. Bila anda tidak terlalu memahami, akan lebih baik bia membawa langsung ke bengkel-bengkel terdekat.

Setelah penjelasan diatas, berikut ini ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk dapat menghilangkan baret pada bodi mobil anda dengan mudah.

1. Menggunakan Pasta Gigi

Cara lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan pasta gigi. Berikut ini langkah-langkah membersihkan goresan bodi mobil dengan menggunakan pasta gigi.

. Siapkan alat-alat dan bahan yang akan digunakan, mulai dari pasta gigi dankain lembut.
. Bersihkan kotoran dan debu yang melekat pada bodi mobil, sehingga hasil akhirnya akan lebih maksimal.
. Basahi sedikit kain tersebut, lalu gunakan untuk mengaplikasikan pasta gigi pada bodi mobil yang mengalami goresan. Cara ini akan sangat ampuh untuk mengatasi goresan yang belum menembus logam bodi mobil.
. Gosok dengan gerakan melingkar hingga goresan mulai memudar.
. Anda bisa mengulangi langkah-langkah diatas hingga memastikan bila goresan tersebut memudar.
. Lalu lap dengan menggunakan kain bersih.

Fungsi pasta gigi disini adalah bekerja sebagai alat pengamplasan. Sehingga tak hanya dapat menghilangkah goresan-goresan lembut saja, melainkan juga dapat menghilangkan noda-noda yang menempel pada bodi mobil.

2. Menggunakan Kompon (Compound)

Berikut ini langkah-langkah mengatasi goresan cat mobil dengan menggunakan compound:

. Terlebih dahulu bersihkan bagian bodi mobil yang tergores dari kotoran ataupun debu yang melekat. Agar anda mendapat hasil yang          maksimal, akan lebih baik bila anda mencuci bagian mobil tersebut sampai bersih.
. Keringkan are aterseut dengan menggunakan lap bersih.
. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sebagai pelindung dan pastikan bila anda tak menggunakan cincin atau benda-benda        lainnya yang sejenis di tangan anda.
. Kemudian oleskan kompon pada bagian bodi mobil tersebut. Namun yang perlu anda ketahui adalah pada penggunaan kompon sangat      perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan produk kompon dapat mengikis lapisan cat mobil. Sehingga gunakan kompon seperlunya saja.
. Gunakan kain yang bersih dan lembut untuk mengaplikasikan kompon pada bodi mobil anda.
. Gosok secara perlahan-lahan dengan menggunakan sedikit tekanan serta dengan gerakan yang memutar.
. Jangan memutar dengan gerakan yang kasar karena hanya akan mengakibatkan susunan cat mobil menjadi ikut terangkat.
. Ulangi lagi langkah yang sama hingga goresan mulai tersamarkan.
. Setelah goresan mulai tersamarkan, anda bisa memoleskan cairan atau gel yang dapat mengkilapkan mobil dengan menggunakan lap        bersih.

Banyak sekali jenis-jenis kompon yang dijual dipasaran dengan berbagai merk, seperti Kit, Amway, dan sejenisnya.

3. Menggunakan Obat Nyamuk

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi goresan-goresan pada bodi mobil yaitu dengan menggunakan obat nyamuk. Mungkin beberapa diantara anda bingung mengapa obat nyamuk bisa digunakan untuk menghilangkah goresan-goresan bodi mobil yang menganggu. Namun cara ini memang cukup ampuh dan murah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah mengatasi goresan dengan menggunakan obat nyamuk.
. Siapkan obat nyamuk, anda bisa memiliki merk apapun yang ada di pasaran. Jumlah dari obat nyamuk yang dibutuhkan sesuai dengan besarnya dan banyaknya goresan yang ada pada bodi mobil. Biasanya dibutuhkan minimal sekitar 5 sachet obat nyamuk.
. Gunakan kanebo yang masih kering untuk mengaplikasikannya. Hindari menggunakan kanebo yang masih basah karena dapat membuat kandungan di dalam obat nyamuk menjadi luntur.
. Oleskan obat nyamuk tersebut pada bodi mobil . Oleskan secara merata dengan menggunakan kain kanebo.
. Tunggu beberapa saat sekitar 15-20 detik, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap.
. Agar anda mendapat hasil yang maksimal, maka anda bisa mengulangi cara tersebut hingga beberapa kali.

Namun yang perlu anda ingat adalah, penggunaan obat nyamuk ini hanya bisa digunakan pada goresan kecil hingga sedang saja. Namun penggunaan obat nyamuk juga perlu sangat diperhatikan. Hal ini dikarenakan obat nyamuk bersifat panas sehingga dapat membuat cat mobil dapat memudar seketika. Sehingga diperlukan secukupnya saja.

4. Menggunakan Minyak Rem
Bila anda sedang berada dalam perjalanan yang jauh dan tiba-tiba mobil anda mengalami goresan, maka anda bisa menggunakan cara ini sebagai salah satu solusi alternatif. Berikut ini langkah-langkah mengataso goresan dengan menggunakan minyak rem.

. Anda bisa mengambil sedikit saja minyak rem yang ada di dalam kap mobil.
. Gunakan sedikit saja pada bagian bodi mobil yang terkena baret. Hindari tetesan minyak rem terkena pada bagian yang lainnya.
. Setelah itu cepat-cepat dibilas dengan menggunakan air bersih. Hal ini dikarenakan, minyak rem cukup keras sehingga bisa saja mengangkat lapisan cat pada bodi mobil anda.
. Setelah dibilas dengan air bersih, kemudian lap dengan menggunakan kain kering

Cara ini cukup efektif ketika anda sedang berada di perjalanan jauh dan tidak memiliki persediaan pemoles bodi mobil atau protection body mobil. Ingat, diperlukan kehatian-hatian dalam menggunakan minyak rem ini agar tidak merusak lapisan cat mobil anda.

Bila dirasa goresan mobil anda terlalu dalam, akan lebih baik bila anda membawanya ke bengkel-bengkel mobil terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Hindari hal-hal yang bisa membuat mobil anda dapat tergores. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba. (mg2)

Sumber: showroommobil.co.id

Facebook Comments