Radar Batang

596.933 Pemilih Masuk DPSHP Pemilu 2019

DPSHP Batang

SERAHKAN – Komisioner KPU Batang menyerahkan hasil Rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan DPS penetapan DPSHP Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Batang,kepada perwakilan parpol, panwaskab dan instansi terkait.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Sebanyak 596.933 jiwa masyarakat Batang masuk ke dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan ( DPSHP) pemilihan umum 2019. Hal tersebut disepakati dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan DPS dan Penetapan DPSHP Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Batang, Minggu (22/7), di Hotel Dewi Ratih.

“Ada kenaikan pemilih dari Pemilihan Gubernur 2018 yang DPT nya sejumlah 588.311 pemilih. Namun hasil ini masih akan kami kaji ulang apabila ada yang masih perlu diperbaiki sebelum penetapan DPT 15 Agustus nanti,” ujar Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto, saat diwawancari usai kegiatan.

Adi menjelaskan, dari jumlah tersebut terdapat 298.982 pemilih perempuan dan 298.001 pemilih laki-laki. Hasil rekapitulasi itu juga akan disampaikan kepada masing-masing partai politik peserta pemilu 2019, Bawaslu kabupaten Batang dan instansi terkait. Untuk hasil by namenya sendiri paling lambat akan dikirimkan 25 Juli nanti.

“Kami harap semua pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mencermati kembali barang kali ada hal-hal yang perlu di perbaiki dari daftar pemilih DPSHP ini. Sebelumnya DPSHP ini merupakan hasil dari perbaikan DPT Pilgub ditambah pemilih pemula dan dikurangi dari pemilih yang tidak memenuhi syarat. Kami harap jika ada koreksi untuk dilakukan klarifikasi segera,” harapnya.

Dalam Pemilu 2019 sendiri jumlah TPS direncanakan ada sekitar 2522 TPS. Hal itu untuk memudahkan pemilih. Pasalnya untuk pemilu kali ini ada lima jenis surat suara, sehingga waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama. Sementara per tpsnya akan dibatasi 250-300 pemilih untuk efektivitas waktu.

“Untuk jumlah TPS sebanyak 2522 dengam pertimbangan secara teknis karena pemilih harus membuka lima kertas suara di lima kotak suara, maka satu TPS kita berikan 200-300 pemilih,” imbuh Adi.

Rapat pleno tersebut di hadiri oleh perwakilan partai politik yang ikut dalam pemilu 2019 ringkat Kabupaten Batang, Bawaslu, TNI kodim 0736 Batang dan Polres Batang dan instansi terkait.

Panwaskab Batang melalui Divisi Humas dan Kelembagaan, Mahbrur berharap dengan adanya penambahan TPS dari 1457 ke 2522 TPS dapat disikapi dengan baik. Khususnya terkait pembekalan teknis petugas di TPS. Sehingga tidak ada miss komunikasi terkait administrasi saat penyelenggaraan.

Selain itu Ketua Panwaskab Batang, Achmad Soeharto juga berharap pihaknya dan KPU senantiasa dapat bersinergi terkait permasalahan pemilu ini. Seperti yang sudah-sudah semua permasalahan yang ada ditangani bersama dari jenjang paling bawah. (Nov)

Facebook Comments