Radar Batang

Sejumlah Bacaleg Harus Memperbaiki Berkas Persyaratan Pencalonannya

Dony Widyo
BERITA ACARA – Ketua KPU Batang menyerahkan berita acara hasil pemeriksaan administrasi Bacaleg kepada perwakilan Parpol.

BATANG – Setelah melakukan verifikasi menyeluruh terhadap berkas administrasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang Sabtu (21/7) menyerahkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan kepada 14 Partai Politik (Parpol).

Berita Acara tersebut berisikan hasil pemeriksaan administrasi dari tiap Bacaleg, apakah sudah Memenuhi Syarat (MS), atau Belum Memenuhi Syarat (BMS). Penyerahan itu sendiri disaksikan langsung oleh pihak Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Batang yang diwakili oleh Ketuanya, Akhmad Suharto.

“Hari ini kita serahkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan berkas administrasi setiap Bacaleg yang sebelumnya sudah diserahka oleh masing-masing Parpol,” ujar Ketua KPU Batang, Adi Pranoto disela-sela kegiatan.

Adi menjelaskan, penyerahan berita acara itu sendiri sudah terjadwal dalam tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berlaku bagi 14 parpol yang menyerahkan dokumen pendaftaran bacaleg. Mengingat untuk Kabupaten Batang sendiri, dari 16 parpol peserta pemilu, hanya dua parpol tak mendaftarkan bacalegnya, yakni PKPI dan Partai Garuda.

Pada berita acara itu disebutkan hasil pemeriksaan masing-masing Bacaleg. Bagi Bacaleg yang berkasnya dinyatakan BMS, maka parpol bisa meneruskannya pada yang bersangkutan untuk melakukan perbaikan, atau melengkapi kekurangan persyaratan yang diwajibkan.

“Untuk masa perbaikan berkas administrasi sendiri dilakukan sampai 31 Juli mendatang. Selanjutnya dokumen perbaikan yang diserahkan oleh parpol akan kembali dilakukan pencermatan sebelum penetapan DCS (Daftar Caleg Sementara). Tahapan itu dilakukan pada 12 sampai 14 Agustus mendatang,” beber Adi didampingi tiga anggota KPU lainnya, Umar Abdul Jabar, Gunadi Fitriyanto dan Nur Tofan.

Hasil pencermatan KPU Batang, menemukan masih adanya ketidaklengkapan dokumen bacaleg sesuai Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota legislatif. Salah satunya melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit.

“Untuk hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit, kami menemukan adanya Bacaleg yang belum melampirkan, karena memang belum dikeluarkan oleh pihak rumah sakit. Dan pada masa perbaikan nanti, kekurangan itu kami harapkan bisa dilengkapi,” jelas Adi.

Seluruh parpol peserta pemilu sendiri diharapkan bisa segera menginstruksikan pada Bacalegnya untuk melakukan perbaikan dan mengembalikan dokumen sesuai tahapan yang ditentukan. Pengumuman daftar caleg tetap (DCT) akan dilakukan pada 21 sampai 23 September 2018 mendatang. (don)

Facebook Comments