Radar Kajen

KPU Kembalikan Berkas Bacaleg

Bacaleg


SERAHKAN – Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pekalongan, Nunung, saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg kepada Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan, Mudasir ketika hari terakhir pendaftaran.
TRIYONO

**Hasil Verifikasi, Untuk Bisa Dilengkapi

KAJEN – Hari ini, Sabtu (21/7), KPU Kabupaten Pekalongan menyerahkan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) pemilihan legislatif (Pileg) 2019 kepada partai politik peserta pemilu. Berkas tersebut yang sebelumnya diserahkan kepada KPU dari partai politik dalam proses pendaftaran bacaleg yang berakhir 17 Juli 2018 pukul 00.00. Berkas dilakukan verfikasi oleh tim penyelenggara pemilu tersebut.

“Tahapan selanjutnya setelah penerimaan berkas bacaleg dari partai politik dan verifikasi berkas tersebut, kami dari KPU Kabupaten Pekalongan akan menyerahkan berkas yang telah diserahkan ke KPU kepada partai politik. Apabila dalam berkas bacaleg yang diserahkan ke KPU terdapat kekurangan, maka partai politik diberi kesempatan untuk melakukan perbaikkan dari 22-31 Juli 2018,” jelas Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, Jumat (20/7).

Tahapan selanjutnya setelah penyerahan berkas bacaleg kepada partai politik adalah pengumunan daftar calon sementara dari masing-masing calon legislatif partai politik peserta pemilu. Pengumuman daftar calon sementara, akan dilaksanakan pada Agustus 2018. Untuk daftar calon tetap pada September 2018.

Berdasarkan rekapitulasi yang ada di KPU Kabupaten Pekalongan, partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg hanya 14 partai politik dari 16 partai politik peserta pemilu secara nasional. Kedua partai politik yang tidak menyerahkan pendaftaran berkas bacalegnya adalah PKPI dan Partai Garuda.

“Sebenarnya pada pelaksanaan verifikasi faktual partai politik peserta pemilu di Kabupaten Pekalongan, Partai Garuda terdapat pengurusnya, namun dalam pendaftaran bacaleg tidak menyerahkan berkas, sedangkan untuk PKPI memang di Kabupaten Pekalongan tidak terdapat pengurus partai tersebut,” ungkap Abi Rizal.

Terpisah, Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan, Mudasir, menyatakan bahwa setelah berkas pendaftaran Bacaleg diterima, maka tahapan selanjutnya akan diumumkan. Nantinya masyarakat bisa memberika masukan untuk melakukan verifikasi bakal calon legislatif yang akan maju mencalonkan diri.

“Untuk itu kami meminta masukan dari masyarakat untuk bakal calon legislatif yang maju ini apakah mereka calon yang bermasalah atau tidak. Jika memang benar, maka bisa kita lakukan klarifikasi,” ungkapnya.

Dikatakan, calon-calon yang bermasalah akan menjadi pertimbangan KPUD dalam seleksi bakal calon legislatif yang diajukan oleh Partai Politik. (yon)

Penulis: Triyono
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments