Radar Batang

Perhatian, Sebentar Lagi Perokok Tak Bisa Lagi Merokok Disembarang Tempat

Dok Istimewa
PERSETUJUAN – Ketua DPRD didampingi para Wakil Ketua menandatangani persetujuan bersama, disaksikan Wakil Bupati Batang.

BATANG – Perhatian bagi warga Kabupaten Batang, khususnya bagi yang perokok. Pasalnya, Pemkab dan DPRD setempat telah menyetujui adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang kawasan tanpa rokok.
Bila aturan tersebut telah berlaku efektif, maka ada beberapa tempat yang terlarang bagi perokok untuk mengisap rokok. Bila melanggar, tentunya ada sanksi yang siap menjeratnya.

“Untuk memperhatikan kepentingan umum, maka kita susun Perda Kawasan Tanpa Rokok,” ujar Wakil Bupati Suyono saat membacakan sambutan tertulis Bupati Batang pada sidang Paripurna dengan agenda Persetujuan Bersama Bupati dan DPRD terhadap empat Raperda yang diadakan di gedung dewan setempat, Kamis (19/7).

Suyono menjelaskan, Perda Kawasan Tanpa Rokok bertujuan untuk menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih, sehat terlindungi dari bahaya bahan yang mengandung karsinogen dan zat adiktif dalam produk tembakau. Mengingat zat tersebut menyebabkan penyakit, kematian, dan menurunkan kualitas hidup, baik langsung maupun tidak langsung.

Rapat Paripurna sendiri di pimpinan langsung oleh Ketua DPRD Imam Teguh Rahajo. Selain Raperda Kawasan Tanpa Rokok, tiga lainnya yaitu Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Batang Tahun Anggaran 2017, Raperda tentang Pelayanan Publik, Raperda tentang Ruang Terbuka Hijau.

“Empat Raperda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pemerintah Daerah Kabupaten Batang, yang tentunya diiringi dengan peningkatan standar pelayanan publik yang baik. lingkungan kota yang aman, nyaman, segar, indah, serta kawasan tanpa rokok,” tandas Suyono. (don)

Facebook Comments