Radar Kendal

Bersinergis, Kepala Desa dan Perangkat Diminta Bekerja Lebih Baik

NUR KHOLID MS
PENGHARGAAN- Selain menggelar Muskab, PPDi Kendal memberikan penghargaan kepada person, organisasi dan lembaga yang memperjuangkan PPDI Kendal.

KENDAL – Jumlah dana desa semakin tahun semakin meningkat. Oleh karena itu, perangkat desa dan kepala desa bersinergis bekerja lebih baik dan bertanggungjawab untuk mengelola dana desa tersebut.

“Disamping mengembangkan BUMDes, juga harus pintar dan jeli dalam pengelolaannya,” kata dia, Wakil Bupati Masrur Masykur, saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kendal dan sekaligus pemberian penghargaan kepada person, organisasi dan lembaga yang membantu memperjuangkan PPDI Kendal. Muskab digelar di Ruang Paripurna DPRD Kendal, Kamis (19/7).

Dikatakannya, perangkat desa bisa melakukan berbagai rumusan untuk melahirkan keputusan dan gagasan baru. Dengan begitu, program kerja kepengurusan PPDI Kendal ke depan bermanfaat bagi pembangunan daerah dan desa.

“Muskab ini bisa memperkuat semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara kita bersama,” ungkap dia.

Diungkapkan, setiap desa mampu mengembangkan sistem perencanaan dan penganggaran desa melalui mekanisme akuntabilitas sosial yang inovatif. Selain itu, pendekatan inklusi sosial dalam proses perencanaan dan penganggaran desa harus diutamakan.

“Warga supaya didorong aktif dan mempunyai prakarsa, gerakan, dan partisipasi dalam mewujudkan sistem penganggaran desa,” terang dia.

Ketua Demisioner PPDI Kendal, Chumaidi, mengatakan, program ke depan, PPDI berencaan menguatkan pada permasalahan hukum. Hal itu supaya perangkat desa tidak ada yang terjerat kasus hukum. “Supaya tidak terjadi kriminalisasi, kami bakal akan menguatkan LBH, supaya jangan sampai ada perangkat terjerat masalah hukum,” kata dia. (nur)

Facebook Comments