Metro Pekalongan

Kabar Gembira, Walkot akan Usaha agar Transportasi Calhaj Gratis

Kabar Gembira, Walkot akan Usaha agar Transportasi Calhaj Gratis

PAMITAN – Jamaah calon haji Kota Pekalongan yang tergabung dalam kloter 9, saat berpamitan dengan Walikota Pekalongan dalam pemberangkatan jamaah calon haji dari Halaman Setda Kota Pekalongan, Rabu (18/7).
M. AINUL ATHO’

KOTA PEKALONGAN – Jamaah calon haji Kota Pekalongan, resmi diberangkatkan pada Selasa (17/7) malam, untuk kloter 8, dan Rabu (18/7) pagi untuk kloter 9. Pemberangkatan jamaah calon haji dilepas langsung oleh Walikota Pekalongan bersama jajaran pejabat terkait dari halaman Setda Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, mengungkapkan selama ini pemberangkatan jamaah calon haji dari Kota Pekalongan ke Donohudan beserta seluruh barang bawaannya masih dikenakan biaya tambahan. Ia ingin mengupayakan agar biaya-biaya tersebut bisa digratiskan dan ditanggung APBD.

“Seluruh transportasi untuk jamaah calon haji dan barang bawaanya, ternyata masih ada iuran. Saya sudah berbincang dengan Kemenag dan Kesra, kira-kira tahun depan kami akan upayakan untuk mengusulkan agar biaya itu bisa ditanggung dari APBD,” tutur Walikota dalam sambutannya saat melepas jamaah calon haji kloter 9, Rabu (18/7).

Walikota menyatakan sudah meminta kepada bagian kesra untuk menghitung seluruh kebutuhan biaya tersebut dan akan diusulkan dalam APBD tahun depan. “Jangan sampai ada iuran lagi, kami akan coba upayakan agar biaya itu bisa ditanggung dari APBD,” tambahnya.

Pada Rabu (18/7), jamaah calon haji dari kloter 9 yang diberangkatkan berjumlah 295 jamaah. Sementara sebelumnya pada Selasa (17/7), jumlah jamaah calon haji dari kloter 8 yang diberangkatkan sebanyak 108 jamaah. “Tahun ini ada sebanyak 403 jamaah haji yang berangkat. Mudah-mudahan mereka siap, semuanya selamat dan dpaat kembali ke tanah air sebagai haji mabrur,” harapnya.

Atas nama Pemkot Pekalongan, Walikota juga berpesan agar jamaah asal kota Pekalongan bisa senantiasa menjaga kesehatan. Karena ibadah haji merupakan ibadah fisik yang menguras energi dan pikiran. Ia juga berharap agar seluruh jamaah tetap menjaga kesatuan dan persatuan dan junjung tinggi kebersamaan serta gotong royong selama menunaikan ibadah haji. (nul)

Penulis: M Ainul Atho | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments