Radar Batang

Remaja juga Perlu Tahu Perencanaan Kehidupan Keluarga

Remaja juga Perlu Tahu Perencanaan Kehidupan Keluarga

SERAHKAN PIALA – Ketua TP PKK Kabupaten Batang,Hj Uni Kuslantasi, menyerahkan piala untuk pemenang pemilihan Duta Genre PIK, kemarin.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Perencanaan kehidupan keluarga yang baik tidak hanya dibutuhkan bagi mereka yang telah menikah. Lebih dari itu, kelompok remaja juga perlu diperkenalkan dengan pentingnya merencanakan kehidupan keluarga agar lebih baik.

Pesan itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Batang, Hj Uni Kuslantasi, saat kegiatan pemilihan duta Generasi Perencana Pusat Informasi dan Konseling (Genre PIK) Remaja. “Kegiatan ini karenanya penting sebagai saluran untuk memotivasi dan mengekspresikan anak-anak remaja, utamanya tentang bagaimana merencanakan kehidupan berkeluarga,” ucapnya, di aula bupati, Rabu (18/7).

Dikatakan Uni, anak-anak remaja bisa dijadikan teladan bagi anak-anak yang lain. Untuk peserta Pemilihan Duta Genre tersebut pastinya jadi tanggungjawab mereka untuk mensosialisasikan bahwa generasi muda harus punya rencana dan visi misi ke depan dalam kehidupan berkeluarga.

Pemilihan Duta Genre PIK Tingkat Kabupaten Batang sendiri memuat dua kategori peserta, yakni dari jalur masyarakat dan jalur pendidikan. Untuk jalur masyarakat ada 12 peserta, sementara jalur pendidikan 24, sehingga total ada 36 peserta.

“Penilaiannya mencakup penguasan materi tentang pengetahuan Program KKB, pengetahauan tentang Pusat Informasi dan Konseling, teknik berkomunikasi, kepribadian baik budi pekerti , berbusana dan penguasaan panggung,” ujar Uni.

Pada kesempatan tersebut, istri Bupati Wihaji itu juga memberikan piala dan penghargaan kepada pemenang. Adapun pemenang dari jalur pendidikan untuk juara I putra diraih Adhyaksa Rizqi Wijaya, Juara I Putri Zian Nabila dan Juara I Putra dari Jalur Masyarakat diraih A Khoirul Abid.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang, dr Mukhlasin M Kes selaku pengampu kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) diselenggarakan untuk menarik para remaja agar kegiatan tersebut diminati serta untuk memberikan apresiasi kepada remaja yang memiliki kompetensi dan karakter yang baik dikalangan generasi muda.

“Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan manfaat manfaat dan pengetahuan kepada para peserta. Misal tentang kesehatan remaja, pengetahuan tentang HIV Aids, dan perundangan usia perkawinan, yang diharapkan untuk usia perkawinan untuk perempuan minimal umur 20 tahun dan laki-laki minimal umur 25 yang harapannya sudah siap baik psikis maupun psikologis,” jelasnya.(fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments