Radar Kendal

MPLS, Anggota Satlantas Datangi SMAN 1 Cepiring

MPLS, Anggota Satlantas Datangi SMAN 1 Cepiring

BEKALI – Aipda Agung Sugiarta dari Ditlantas Polda Jateng, dan Kasatlantas AKP Edy Sutrisno memberikan bekal Safety Riding.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

CEPIRING – Helm merupakan perlengkapan keamanan dalam berkendara. Menggunakannya dengan benar adalah sebuah keharusan. Sebab, penutup kepala itu dapat melindungi keselamatan jiwa bagi pengendara ketika terjadi kecelakaan di jalan raya.

“Penggunaan helm yang benar kerap diabaikan pengendara. Mereka hanya asal memakainya dan tidak memperhatikan talinya dikaitkan dan kacanya ditutupkan. Kalau terjadi kecelakaan, helm terlepas dan jatuh, maka kepala bisa hancur,” kata Aipda Agung Sugiarta dari Ditlantas Polda Jateng, saat memberikan materi “Safety Riding” Road Show Police Goes to School Satlantas Polres Kendal, di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru SMAN 1 Cepiring, Senin (16/7).

“Ingat! resiko terkecilpun bisa terjadi. Jika tutup kaca helm tidak ditutupkan maka kerikil dan batu yang terbang karena terlindas roda mobil dapat bersarang ke wajah pengendara,” ungkap Agung.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno, mengatakan, momen masa pengenalan lingkungan sekolah ini dapat menjadi awal yang baik untuk memberikan penjelasan tentang aturan lalu lintas. Salah satu catatannya, yakkni menginformasikakn jika angka kecelakaan lebih besar pada usia muda.

“Di MPLS ini kita turut memberikan penjabaran kepada siswa baru untuk memperhatikan tata tertib lalu lintas, sekaligus menjelaskan bahwa angka kecelakaan ini lebih besar terjadi pada usia muda,” kata dia.

Kepala SMAN 1 Cepiring, Endang Widarti, mengapresiasi Satlantas Polres Kendal yang telah memberikan bekal kepada siswa baru tentang cara berkendara yang baik dan tata tertib lalu lintas. Ia berharap kegiatan itu tidak hanya diberikan sekali pada moment tertentu saja, karena menurutnya pembelajaran langsung dari kepolisian lebih baik dan dapat langsung diterima oleh siswa-siswinya.

“Kami beruntung bisa mendapat pengetahuan tata tertib berlalu lintas. Tahun ini, ada 4 rombonmgan belajar (rombel) untuk jurusan MIPA, jumlahnya 143 siswa baru. Kemudian 4 rombel jurusan IPS. Jumlahnya 140 siswa baru,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments